In-depth

Chelsea dan Liverpool Jadi Korban, 4 Alumni Mahal RB Leipzig yang Flop di Klub Baru

Jumat, 24 November 2023 20:15 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© getty images
RB Leipzig tidak diragukan lagi adalah salah satu klub produsen pemain terbaik dunia. Dari tahun ke tahun selalu ada nama yang mereka orbitkan. Copyright: © getty images
RB Leipzig tidak diragukan lagi adalah salah satu klub produsen pemain terbaik dunia. Dari tahun ke tahun selalu ada nama yang mereka orbitkan.

INDOSPORT.COM - RB Leipzig tidak diragukan lagi adalah salah satu klub produsen pemain terbaik dunia. Dari tahun ke tahun selalu ada nama yang mereka orbitkan.

Praktis banyak klub besar Eropa yang tertarik membeli bintang-bintang mereka dengan harga mahal namun sayangnya nama-nama berikut malah gagal unjuk gigi begitu tiba di klub baru.

1. Marcel Sabitzer

Didatangkan RB Leipzig dari Rapid Vienna pada 2014, Marcel Sabitzer berkembang menjadi pesepakbola matang yang kemudian menjadi kapten serdadu Banteng Merah di kemudian hari.

Ia dikenal sebagai gelandang tengah yang tidak cuma enerjik dan kreatif namun juga produktif dalam menjebol gawang lawan. Total 52 gol dan 42 assist ia kumpulkan dari 229 laga.

Tidak heran Sabitzer kemudian menarik banyak minat dari raksasa-raksasa Eropa namun pilihannya kemudian jatih pada rival Liga Jerman, Bayern Munchen, yang menebusnya seharga 15 juta Euro di 2021 silam.

Namun di Allianz Arena status pemain spesial tidak bisa didapatkannya karena sudah begitu banyak bintang besar di sana. Sabitzer lebih sering menjadi pemain pelapis dan kini baru punya dua gol dan dua assist saja dari 52 penampilan.

Di 2022/2023, Sabitzer sempat dipinjamkan ke Manchester United sebelum akhirnya Bayern Munchen lepas permanen ke Borussia Dortmund musim ini.

2. Jean-Kevin Augustin

Di pertengahan musim 2019/2020, Leeds United yang saat itu masih berkutat di Championship memutuskan untuk mendatangkan Jean-Kevin Augustin sebagai pinjaman dari RB Leipzig.

Sang bomber Prancis hanya memainkan tiga pertandingan tanpa kontribusi assist maupun gol namun The Whites tetap mempermanenkan statusnya di akhir musim dengan mahar 21 juta Euro karena polemik yang dihadirkan pandemi Covid-19 saat itu.

Karena memang tidak diinginkan, akhirnya Augustin tidak pernah lagi bermain untuk Leeds dan justru dilepas gratis ke Nantes di bursa transfer yang sama.

Kini Augustin terdampar di Swiss bersama FC Basel dan di usia 25 tahun ia telah keluar dari pesaingan lima liga top Eropa.

Padahal untuk Leipzig ia sempat dinilai punya masa depan cerah usai melesakkan 20 gol dan delapan assist dari 67 outing saja.