In-depth

Michael Edwards, Otak Era Emas Liverpool yang Siap Berkhianat ke Man United

Jumat, 24 November 2023 18:50 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Phil Noble
Spekulasi soal siapa saja yang akan jadi tangan kanan Jim Ratcliffe bila sukses menjadi co-owner Manchester United masih terus bergulir. Copyright: © REUTERS/Phil Noble
Spekulasi soal siapa saja yang akan jadi tangan kanan Jim Ratcliffe bila sukses menjadi co-owner Manchester United masih terus bergulir.

INDOSPORT.COM - Spekulasi soal siapa saja yang akan jadi tangan kanan Jim Ratcliffe bila sukses menjadi co-owner Manchester United masih terus bergulir.

Kini muncul nama yang sebenarnya sudah tidak asing di Liga Inggris (Premier League) yakni Michael Edwards.

Jika anda adalah pendukung Liverpool, anda tidak salah baca. Michael Edwards yang dimaksud memang sosok yang anda kenal sebagai tulang punggung era sukses The Reds modern ini sebelum resign pada 2022 silam.

Dilansir dari The Independent, nama Edwards dimasukkan oleh Ratcliffe dalam daftar kandidat penjabat posisi direktur olahraga Manchester United.

Saat ini John Murtough masih menjabat di sana namun diyakini begitu Ratcliffe sukses mengakuisisi 25% saham The Red Devils akan ada reshuffle masih di bagian manajemen.

Sebenarnya masih ada calon-calon lain seperti Paul Mitchell maupun Dougie Freedman yang juga difavoritkan sebagai direktur olahraga baru Manchester United namun Edwards punya CV yang lebih mentereng.

Di bawah supervisinya, Liverpool meraih banyak trofi termasuk satu Liga Inggris juga Liga Champions sejak 2016 sememtara Mitchell dan Dougie walau juga punya background serupa namun belum pernah mengantarkan tim mereka sukses.

Berikut ini adalah profil dari Michael Edwards, si direktur jenius Liverpool yang punya kans membelot ke Manchester United.

Michael Edwards lahir di Southampton, Inggris, pada 21 Juni 1979. Kariernya di dunia sepakbola sudah 20 tahun usianya dengan memulai sebagai kepala analis untuk Portsmouth di 2003.

Di sana ia bekerja untuk manajer Harry Redknapp selama tiga tahun dan ketika sang bos pindah ke Tottenhham pada 2009, Edwards pun mengekor.

Duet keduanya membawa banyak sukses untuk Tottenham dimana The Spurs menjalani salah satu musim terbaik mereka di Eropa dengan menginjak delapan besar Liga Champions 2010/2011.

Melihat hal ini Liverpool kemudian memutuskan untuk merekrut Edwards per musim 2011/2012. Awalnya sebagai analis namun kemudian kariernya meroket dengan pesat di Anfield.