In-depth

Francesco Camarda dan AC Milan Jangan Besar Kepala, 3 Debutan Termuda Liga Italia yang 'Flop'

Minggu, 26 November 2023 16:20 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Alessandro Garofalo
Francesco Camarda mencetak sejarah besar di kompetisi Liga Italia (Serie A) saat jadi subtitusi di laga AC Milan vs Fiorentina, Minggu (26/11/23) dini hari WIB. Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo. Copyright: © REUTERS/Alessandro Garofalo
Francesco Camarda mencetak sejarah besar di kompetisi Liga Italia (Serie A) saat jadi subtitusi di laga AC Milan vs Fiorentina, Minggu (26/11/23) dini hari WIB. Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo.

INDOSPORT.COM - Francesco Camarda mencetak sejarah besar di kompetisi Liga Italia (Serie A) saat jadi subtitusi di laga AC Milan vs Fiorentina, Minggu (26/11/23) dini hari WIB.

Tidak hanya menjadi pemain termuda di laga resmi untuk I Rossoneri saja, namun sang penyerang juga dinobatkan sebagai pemain termuda dalam sejarah kasta teratas sepakbola Italia.

Camarda masuk menggantikan Luka Jovic di menit ke-83 dan sejak kakinya menjejak di rumput lapangan San Siro, sebuah rekor luar biasa tercipta.

Saat itu Camarda berusia 15 tahun, 8 bulan, dan 15 hari. Tidak ada pemain yang lebih muda darinya saat debut di Liga Italia.

Rekor sebelumnya dipegang oleh pemain Bologna, Wisdom Amey, yang hanya lebih tua sebulan lebih 14 hari ketimbang Camarda saat melakoni partai senior pertamanya di 12 Mei 2021 silam.

Tentunya ini adalah momen yang sangat membanggakan bagi Francesco Camarda yang merupakan putra asli kota Milan dan dibesarkan oleh akademi AC Milan.

Mimpinya untuk bisa bermain dalam balutan kostum I Rossoneri menjadi nyata dan langkah pertama untuk menjawab ekspektasi tinggi yang dibebankan publik padanya sudah diambil.

Camarda memang dianggap sebagai bakat spesial. Di tim akademi AC Milan ia begitu subur dengan sudah mencetak 485 gol hanya dari 89 laga pertamanya saja.

Tidak heran jika kemudian tifosi Merah-Hitam berharap agar pengidola Zlatan Ibrahimovic ini nantinya bisa menjadi tumpuan tim senior untuk waktu yang lama.

Masalahnya sudah cukup banyak wonderkid gagal yang sensasinya hanya sesaat di Liga Italia. Termasuk mereka yang mencatatkan diri sebagai debutan-debutan termuda.

AC Milan harus pandai-pandai dalam membesarkan Camarda karena jika salah langkah bisa-bisa ia menjadi flop yang dilupakan nantinya.

Jangan sampai attacante muda mereka yang berharga itu mengikuti jejak kelam pemain-pemain berikut ini.