In-depth

Profil Kobbie Mainoo, Teman Sekelas Garnacho yang Debut di Manchester United

Senin, 27 November 2023 12:39 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Jason Cairnduff
Kobbie Mainoo dan Luke Shaw di laga Everton vs Manchester United Liga Primer Inggris, Minggu (26/11/23). (Foto: REUTERS/Jason Cairnduff) Copyright: © REUTERS/Jason Cairnduff
Kobbie Mainoo dan Luke Shaw di laga Everton vs Manchester United Liga Primer Inggris, Minggu (26/11/23). (Foto: REUTERS/Jason Cairnduff)

INDOSPORT.COM – Profil Kobbie Mainoo, teman seangkatan Alejandro Garnacho di akademi yang baru saja debut di Liga Inggris bersama  Manchester United.

Sosok Kobbie Mainoo mencuri perhatian lantaran dia dimainkan sebagai starter oleh Erik ten Hag ketika Manchester United meraih kemenangan 3-0 atas Everton.

Bertanding di Goodison Park, Minggu (26/11/23) malam WIB, Man United menang berkat tiga gol yang dicetak oleh Alejandro Garnacho, Marcus Rashford dan Anthony Martial.

Kobbie Mainoo yang juga rekan Garnacho di akademi Manchester United dimainkan menggantikan Mason Mount yang tengah dilanda cedera.

Gelandang bertahan berusia 18 tahun itu bermain selama 72 menit sebelum Ten Hag menggantinya dengan Sofyan Amrabat.

Meski  usianya masih muda, Mainoo mampu bermain tenang dan solid. Dia membantu Manchester United menjaga clean sheet lewat kemampuan bertahannya.

Sofascore mencatat Mainoo melakukan 2 kali sapuan, 1 kali memblok tembakan lawan, 2 kali intersep, 1 tekel, dan memenangkan  2 dari 3 upaya duel udara.

Selain itu, Mainoo tercatat jadi pemain Man United yang lakukan dribel sukses paling banyak (2) dan umpan ke sepertiga akhir paling banyak (6).

Akurasi umpannya mencapai 86%, juga merupakan yang paling akurat ketiga di Man United di pertandingan tersebut.

Keberanian Erik ten Hag menurunkan Kobbie Mainoo di pertandingan melawan Everton memang layak diacungi jempol.

Pasalnya, sosok Kobbie Mainno dianggap sebagai oase di padang pasir bagi Manchester United, yang belakangan ini menghadapi krisis pemain di lini tengah.

Mainoo telah membuktikan diri saat memperkuat Timnas Inggris U-19 yang jalani uji coba melawan Romania, Jepang dan Meksiko selama jeda internasional November 2023.

Dua diantaranya dijalani Mainoo sebagai starter, menunjukkan jika ia sudah pulih dari cedera engkel yang dialami musim panas lalu.

Lantas, siapakah Kobbie Mainnoo dan apa alasan Erik ten Hag berani memainkannya sebagai starter di pertandingan krusial kontra Everton kemarin malam?