In-depth

Hitung-hitungan Lolos Grup F Neraka Liga Champions 23/24: AC Milan Punya Peluang

Selasa, 28 November 2023 11:19 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Pelatih Stefano AC Milan, Pioli dan penyerang Olivier Giroud. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca/Daniele Mascolo) Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Pelatih Stefano AC Milan, Pioli dan penyerang Olivier Giroud. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM – Tersisa dua pertandingan lagi di babak penyisihan, seberapa besar peluang AC Milan dan tim lain untuk lolos dari Grup F Liga Champions yang berisi para raksasa Eropa tersebut?

Pada Rabu (29/11/23) dini hari WIB nanti, AC Milan akan menjamu Borussia Dortmund dalam big match pekan ke-5 Liga Champions 2023/24 di Stadion San Siro.

Jelang laga ini, AC Milan berada di posisi yang kurang menguntungkan lantaran masih bertengger di peringkat tiga Grup F dengan lima poin.

Sementara tim tamu Dortmund masih kokoh posisi puncak lewat raihan tujuh poin, hasil dua kali menang, sekali seri dan satu kali kalah.

Laga ini jadi salah satu momen penentu nasib Stefano Pioli sebagai pelatih tim Merah-Hitam. Sebab kalau kalah, mereka berpotensi gagal lolos ke babak 16 besar dan terlempar ke Liga Europa.

Tak hanya AC Milan yang menggantungkan nasib pada pertandingan nanti malam, tim-tim lain yang tergabung di Grup F juga bakal mati-matian raih kemenangan demi bisa lolos ke fase knock out.

Sebagai informasi, di Grup F Liga Champions musim ini AC Milan bergabung dengan sejumah raksasa Eropa seperti Borussia Dortmund, PSG dan Newcastle United.

Dengan menyisakan dua pertandingan sisa, hampir semua tim di Grup F punya kesempatan untuk lolos 16 besar, termasuk Newcastle United yang menempati posisi terbawah.

Lantas seberapa besarkah peluang para tim di Grup F untuk lolos tersebut? Untuk mengetahuinya berikut INDOSPORT mengulas:

Peluang AC Milan Lolos
Menempati peringkat ketiga dengan raihan 5 poin, AC Milan berpeluang lolos ke 16 besar Liga Champions jika dalam dual aga terakhir mampu menyapu bersih kemenangan.

Dengan tambahan dua kemenangan tersebut, AC Milan akan mengumpulkan total poin 11 dan mengungguli perolehan angka Dortmund dan PSG di urutan dua teratas.

© REUTERS/Gonzalo Fuentes
Duel udara pemain AC Milan Rade Krunic saat berebut bola dengan pemain Paris Saint Germain Randal Kolo Muani dan Marquinhos pada laga Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Prancis, Kamis (26/10/23). (Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes) Copyright: REUTERS/Gonzalo FuentesDuel udara pemain AC Milan Rade Krunic saat berebut bola dengan pemain Paris Saint Germain Randal Kolo Muani dan Marquinhos pada laga Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Prancis, Kamis (26/10/23). (Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes)

Namun jika AC Milan kalah melawan Dortmund, peluang Rossoneri bakal semakin kecil lantaran masih bergantung dengan laga antara PSG vs Newcastle.

Jika duel PSG vs Newcastle berakhir imbang, AC Milan masih bisa ke 16 besar dengan mengalahkan Newcastle di matchday terakhir dan berharap PSG kalah melawan Dortmund.

Akan tetapi jika PSG berhasil menang, hasil apapun yang diraih AC Milan kontra Newcastle di laga terakhir tetap bakal membuat Rossoneri tersingkir.

Andai Newcastle yang mampu mengalahkan PSG, maka AC Milan harus bisa menang di laga terakhir dan berharap PSG hanya bisa imbang ketika bertemu Dortmund.