Liga Champions

3 Hal yang Diperlukan AC Milan untuk Lolos 16 Besar Liga Champions

Rabu, 29 November 2023 23:32 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Daniele Mascolo
Marco Sportiello (kanan), memberikan apresiasi bersama rekannya selepas laga AC Milan vs Newcastle di Liga Champions, Selasa (19/09/23). Copyright: © REUTERS/Daniele Mascolo
Marco Sportiello (kanan), memberikan apresiasi bersama rekannya selepas laga AC Milan vs Newcastle di Liga Champions, Selasa (19/09/23).

INDOSPORT.COM - Secercah harapan AC Milan untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions sejatinya masih ada meski kecil, untuk itu ada banyak hal yang harus mereka lakukan agar lolos.

AC Milan harus menelan pil pahit kala menjamu Borussia Dortmund di matchdsy ke-5 babak penyisihan grup F Liga Champions pada Rabu (29/11/23 dinihari WIB.

Tampil di markasnya sendiri Stadion San Siro, AC Milan tunduk dengan skor telak 1-3. AC Milan kebobolan lebih dulu lewat penalti Marco Reus pada menit ke-10’.

Beruntung pasukan Stefano Pioli bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-37’ lewat Samuel Chukwueze. Skor imbang 1-1 bertahan hingga jeda turun minum.

Memasuki babak kedua, AC Milan punya banyak peluang buat memimpin, sayang Rossoneri gagal memaksimalkannya. Pertahanan skuad asuhan Stefano Pioli ini keropos selepas Malick Thiaw diganti lantaran cedera. 

Dortmund berbalik unggul lewat skema serangan baliknya berhasil menambah dua gol lagi lewat aksi Jamie Bynoe-Gittens (59’) dan Karim Adeyemi (69’).

Padahal, intensitas menyerang Milan tak berkurang sejak babak pertama. Selain unggul tipis dalam jumlah tembakan yang dilepaskan (8 berbanding 7), Calabria dan kawan-kawan juga lebih menguasai bola dengan 56 persen.

Di sisi lain, lini belakang Dortmund disiplin memutus aliran bola Milan. Mereka melakukan intersep sebanyak 5 kali dan sapuan 16 kali.

Kekalahan ini membuat AC Milan turun ke posisi juru kunci klasemen Grup F Liga Champions 2023-2024 dengan koleksi lima poin.

Dengan menyisakan satu pertandingan lagi, cukup berat bagi AC Milan menghidupkan asa lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Sebab AC Milan saat ini kian terpuruk di dasar klasemen dengan 5 poin, sedangkan Dortmund nyaman di puncak dengan 10 poin. Untuk bisa lolos, Rossoneri perlu melakukan tiga hal ini: