In-depth

Unai Simon: Target Man United untuk Gantikan Onana yang Inkonsisten

Minggu, 3 Desember 2023 14:11 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Juan Medina
Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, mulai jengah dengan inkonsistensi Andre Onana sehingga membidik Unai Simon di bursa transfer 2024. Copyright: © REUTERS/Juan Medina
Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, mulai jengah dengan inkonsistensi Andre Onana sehingga membidik Unai Simon di bursa transfer 2024.

INDOSPORT.COM – Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, mulai jengah dengan inkonsistensi Andre Onana sehingga membidik Unai Simon di bursa transfer 2024.

Dilaporkan oleh Fichajes, Manchester United membidik kiper Athletic Bilbao itu guna menjadi kiper nomor satunya musim depan.

Klub berjuluk Setan Merah itu meyakini Unai Simon bakal menjadi Upgrade bagi Onana yang inkonsisten sejak bergabung pada musim panas 2023 kemarin.

Sejak bergabung Man United, memang Onana banyak melakukan blunder. Salah satunya adalah kala bermain imbang dengan Galatasaray dengan skor 3-3, Kamis (30/11/23) kemarin.

Dalam laga tersebut, Onana melakukan blunder fatal yang membuat langkah Man United di Liga Champions 2023/2024 bisa saja terhenti di babak grup.

Tak ayal Man United mulai membidik Unai Simon dan siap menebus Unai Simon yang tak dipagari klausul rilis oleh Athletic Bilbao.

Profil Unai Simon

Unai Simon merupakan penjaga gawang berpaspor Spanyol yang lahir di Vittoria, Basque, pada 11 Juni 1997 dan merupakan kiper andalan Athletic Bilbao.

Sebagai putra Basque, kiprah Unai Simon banyak dihabiskan bersama Athletic Bilbao, di mana ia bermain di level akademi sejak 2011 dan menembus tim utama pada 2018.

Kiper berusia 26 tahun itu berhasil menembus tim utama usai Kepa Arrizabalaga ditebus Chelsea dan penggantinya, Iago Herrerin, mengalami cedera.

Alhasil, Unai Simon menjalani debutnya bagi Bilbao pada 2018. Sejak saat itu, dirinya telah tampil sebanyak 174 kali dengan kebobolan 187 gol dan mencetak 54 Clean Sheets.

Kiprahnya itu membuat Unai Simon menjadi penjaga gawang utama Timnas Spanyol. Terhitung ia jadi kiper utama La Furia Roja sejak 2020 hingga saat ini.

Lalu bagaimana dengan kualitas Unai Simon? Mampukah dirinya menjadi pengganti Onana atau meneruskan kiprah sukses David De Gea sebagai kiper Spanyol di Manchester United?