Liga 1

Intip Peluang ke 4 Besar, Persik Kediri Siap All Out Hadapi Persib Bandung

Sabtu, 9 Desember 2023 19:30 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© MO Persik Kediri
Selebrasi Anderson Nascimento usai mencetak gol ke gawang Arema bersama rekan tim Renan Silva dan Zé Valente pada laga BRI Liga 1 di Stadion  Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Senin (27/11/23). (Foto: MO Persik Kediri) Copyright: © MO Persik Kediri
Selebrasi Anderson Nascimento usai mencetak gol ke gawang Arema bersama rekan tim Renan Silva dan Zé Valente pada laga BRI Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Senin (27/11/23). (Foto: MO Persik Kediri)

INDOSPORT.COM - Skuad Persik Kediri memastikan bahwa kedatangan mereka ke Bandung bukan untuk sekedar jalan-jalan, melainkan bekerja keras merebut poin dalam lanjutan Liga 1.

Misi itu digaungkan Persik jelang menantang Persib Bandung pada pekan ke-22 Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (10/12/23).

Apalagi, tim berjulukan Macan Putih itu juga mengintip peluang untuk menembus 4 besar. Caranya, tentu dengan menambah poin demi poin pada 13 pekan tersisa.

Saat ini, Arthur Irawan dkk menempati urutan 7 klasemen Liga 1 dengan 30 poin dan terpaut 7 poin saja dari PSIS Semarang yang menghuni peringkat 4.

Sehingga, tambahan poin akan menipiskan jarak itu. Setidaknya, Persik Kediri bisa memberi tekanan kepada Madura United (31 poin) dan Rans Nusantara FC (32).

"Persib Bandung mungkin menjadi tim favorit (untuk menang), karena bermain home," ungkap Marcelo Rospide dalam pre-match press conferrence Sabtu (9/12/23).

"Tapi dalam sepak bola, semua bisa terjadi. Kami dalam kondisi yang bagus dan bertekad meraih hasil bagus," pelatih Persik Kediri itu menambahkan.

Ditambah lagi, Persik juga membawa misi revans atas kekalahan pada pertemuan pertama. Ketika itu, Persib Bandung menang 2-1 di Stadion Brawijaya (28/7/23).

Marcelo Rospide jelas paham, mewujudkan target poin penuh jelas tidak mudah. Terlebih, Tim Maung Bandung mencatat rekor tak terkalahkan 14 laga beruntun.

"Kami sebenarnya tampil cukup baik meski kalah (di Kediri). Sudah jelas, laga nanti akan berlangsung sulit bagi kami," kata juru taktik kebangsaan Brasil tersebut.

Full Team

Guna mendukung perwujudan target itu, Persik Kediri lantas memboyong seluruh pemain terbaiknya alias full team menghadapi Persib Bandung nanti.

Dua diantaranya adalah Ze Valente dan Irfan Bachdim yang notabene rekrutan baru. Kendati keduanya juga belum mampu tampil konsisten selama 90 menit.

"Tapi kehadiran mereka saat bursa transfer berefek sangat bagus dalam meningkatkan kualitas tim kami," pelatih Persik Kediri, Marcelo Rospide mengatakan.

Keberadaan Ze dan Bachdim memang berujung 4 poin, ketika Persik mengalahkan Arema FC 1-0 (27/11/23) dan ditahan imbang 0-0 Dewa United (2/12/23).

Ze Valente yang dipinjam dari Persebaya, bahkan sudah mengirim 1 assist penting. Sedangkan Irfan Bachdim memberi variasi baru dalam lini serang Persik.

"Kami termasuk beruntung mendapatkan mereka pada bursa transfer. Yang pasti, kondisi skuat tim kami jadi jauh lebih baik," sambung dia.

Kendati demikian, Marcelo Rospide bukannya tanpa berhitung dengan kekuatan lawan. Persib dinilainya punya materi pemain berkualitas di setiap lininya.

"Marc Klok, Nick Kuipers, Rachmat Irianto merupakan elemen penting. Tapi kami akan beri perlawanan ketat dengan tekanan suporter di markas lawan," tuntas Rospide.