x

4 Mantan Pelatih La Liga Spanyol ‘Bereinkarnasi’ ke Liga Primer Inggris

Senin, 28 Mei 2018 09:00 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Logo Liga Primer Inggris.

Reinkarnasi adalah penjelmaan atau kehidupan kembali dari kematian namun berada dalam kehidupan yang berbeda.

Makna kiasan reinkarnasi terhadap mantan pelatih La Liga Spanyol di musim 2010/11 mungkin dapat dikatakan tepat untuk saat ini.

Ya, ada sekitar 4 mantan pelatih La Liga Spanyol di musim tersebut yang kini ‘berinkarnasi’ ke Liga Primer Inggris di musim 2018/19 nanti.

Siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT memaparkannya:

Baca Juga

1. Pep Guardiola

Pep Guardiola saat masih melatih di Barcelona (kiri) dan kini melatih Man City.

Tentunya sudah banyak yang tahu jika Pep Guardiola melambungkan namanya sebagai pelatih bersama Barcelona dari tahun 2008 hingga 2012 lalu.

Di musim 2010/11 Pep yang melatih Blaugrana sukses mempersembahkan gelar La Liga Spanyol, Piala Super Spanyol, Piala Dunia Antarklub, dan Liga Champions.

Pep kini melatih klub asal Liga Primer Inggris, Manchester City terhitung sejak musim 2016/17 kemarin dan di musim 2017/18 ini dirinya berhasil menyumbangkan gelar Liga Primer Inggris dan juga Piala Liga Inggris.


2. Jose Mourinho

Jose Mourinho saat masih melatih di Real Madrid (kiri) dan kini melatih Man United.

Nama Jose Mourinho mungkin sudah sangat dikenal dengan baik di Liga Primer Inggris. Pertama kali ia menginjak kompetisi yang disebut sebagai liga sepakbola terbaik di dunia itu adalah tahun 2004 saat ia melatih Chelsea untuk periode pertama.

Lalu pada periode kedua dirinya menangani Chelsea di tahun 2014 dan pada tahun 2016 hingga sekarang, Mourinho melatih rival The Blues, yakni Manchester United.

Pada musim 2010/11 lalu, pelatih ber-KTP Portugal ini melatih Real Madrid dan berhasil menyumbangkan gelar Copa del Rey.


3. Manuel Pellegrini

Manuel Pellegrini saat masih melatih di Malaga (kiri) dan kini melatih West Ham United.

Sama seperti Mourinho, Manuel Pellegrini mungkin sudah tidak asing lagi dengan kancah Liga Primer Inggris.

Sebab, ia pernah melatih Manchester City dari tahun 2013 hingga 2016. Peranannya harus tergusur karena manajemen City memilih Pep Guardiola sebagai pelatihnya di musim 2016/17.

Kini di musim 2018/19, pelatih asal Chile ini kembali ke Liga Primer Inggris dengan menangani tim London Timur, West Ham United.

Pada musim 2010/11, Pellegrini juga pernah melatih klub asal La Liga Spanyol, yakni Malaga.

Sayangnya, di musim tersebut ia tak mampu memberikan gelar kepada klubnya dan hanya mampu membawa Malaga finis di posisi ke-11 di akhir klasemen.


4. Unai Emery

Unai Emery saat masih melatih di Malaga (kiri) dan kini melatih Arsenal.

Inilah sosok terbaru di Liga Primer Inggris, yaitu Unai Emery. Pelatih yang dipecat dari Paris Saint-Germain (PSG) ini dipercaya untuk membuka era baru di Arsenal yang ditinggalkan oleh pelatih sebelumnya, Arsene Wenger.

Emery pada musim 2010/11 lalu melatih Valencia, di mana dirinya melatih klub berlogo kelelawar ini sejak tahun 2008.

Meski tak mampu meraih gelar apapun, namun Emery yang melambungkan namanya bersama Sevilla ini berhasil bawa Los Che ke Liga Champions dengan mengakhiri musim 2010/11 di posisi ketiga klasemen sementara.

Real MadridManchester UnitedArsenalArsene WengerManchester CityBarcelonaJose MourinhoLaLiga SpanyolPep GuardiolaWest Ham UnitedMalagaValenciaManuel PellegriniUnai EmeryLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini