x

3 Rekor Mencengangkan Chelsea Usai Singkirkan Crystal Palace dan Lolos ke Final Piala FA

Senin, 18 April 2022 08:25 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Chelsea lolos ke final Piala FA untuk bertemu Liverpool usai depak Crystal Palace di semifinal. Kelolosan itu menghadirkan 3 rekor sensasional bagi The Blues. (REUTERS/David Klein)

INDOSPORT.COM Chelsea lolos ke final Piala FA untuk bertemu Liverpool usai depak Crystal Palace di semifinal. Kelolosan itu menghadirkan 3 rekor sensasional bagi The Blues.

Di tengah rangkaian gelaran pekan ke-33 Liga Inggris 2021/2022, sepak bola negeri Ratu Elizabeth II itu juga diramaikan oleh babak semifinal Piala FA.

Baca Juga

Salah satu duel tersebut mempertemukan Chelsea vs Crystal Palace, Minggu (17/04/22) pukul 22.30 malam WIB.

Sementara itu, semifinal lainnya sudah digelar sehari sebelumnya antara Manchester City vs Liverpool yang dimenangi The Reds 3-2.

Menghadapi laga ini, The Blues menurunkan tim terbaik termasuk trio yang tengah tajam-tajamnya yakni Mason Mount, Timo Werner, dan Kai Havertz di lini depan.

Baca Juga

Sementara itu, The Eagles besutan Patrick Vieira mengandalkan Jean-Phillipe Mateta yang didukung oleh Wilfried Zaha.

Chelsea yang baru saja tersingkir di perempat final Liga Champions tampil agresif mengingat Piala FA kini menjadi satu-satunya peluang mereka meraih trofi musim ini.

Petaka menimpa tim asuhan Thomas Tuchel itu ketika di menit ke-26 Mateo Kovacic harus meninggalkan lapangan lebih cepat karena cedera, dan digantikan Ruben Loftus-Cheek.

Baca Juga

Di sisi lain, Palace yang ingin membuat kejutan pun beberapa kali melancarkan serangan balasan ke lini pertahanan The Blues.

Namun, pada akhirnya skor imbang tanpa gol bertahan hingga babak pertama berakhir.


1. Duo Inggris Loloskan The Blues

Skuat Chelsea merayakan gol. (Foto: REUTERS/Susana Vera)

Sepuluh menit babak kedua berjalan, Crystal Palace melakukan perubahan dengan menarik keluar Mateta dan memasukkan Jordan Ayew.

Namun sepuluh menit kemudian, Chelsea-lah yang membuka skor lebih dulu lewat sang pemain pengganti, Loftus-Cheek.

Baca Juga

Menerima bola pantul dari umpan silang Kai Havertz yang membentur bek lawan, Loftus-Cheek yang berdiri tak terkawal melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti yang tak bisa diadang Jack Butland.

Tertinggal 1 gol membuat Palace meningkatkan serangan. Vieira pun memasukkan Christian Benteke dan Michael Olise di menit ke-72.

Namun, lagi-lagi justru Chelsea yang kembali berhasil mencetak gol, kali ini melalui gelandang andalan mereka, Mason Mount.

Baca Juga

Lewat kerja sama satu dua dengan Timo Werner, Mason Mount berhasil menerobos kotak penalti dan menundukkan Butland lewat sepakan mendatar.

Unggul 2-0, The Blues melakukan sejumlah perubahan dengan memasukkan Romelu Lukaku, Hakim Ziyech, dan N’Golo Kante.

Hingga peluit panjang berbunyi tak ada tambahan gol yang tercipta. Laga semifinal Piala FA ini berakhir dengan kemenangan Chelsea 2-0 atas Crystal Palace.

Baca Juga

Dengan hasil ini, The Blues pun lolos ke final untuk bertemu Liverpool yang di semifinal lainnya mengalahkan Manchester City 3-2.

Laga final Piala FA sendiri akan digelar pada 14 Mei 2022 di Stadion Wembley.

 

2. Tiga Final Beruntun dan Rekor di Luar Nalar Thomas Tuchel

Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel. (Foto: Reuters/Paul Childs)

Di sisi lain, kemenangan 2-0 atas Crystal Palace dan kelolosan ke final Piala FA menghasilkan sejumlah rekor mencengangkan di kubu Chelsea. Apa saja? Berikut ulasannya:

Baca Juga

Beruntun

Chelsea kini menjadi tim pertama yang lolos ke final Piala FA dalam 3 musim terakhir, setelah sebelumnya juga melaju ke partai puncak 2019/2020 dan 2020/2021. Meski demikian, dalam 2 musim sebelum ini, The Blues selalu kalah di partai final.

Pada musim 2019/2020, The Blues menyingkirkan Manchester United 1-3 di semifinal dan lolos ke final untuk bertemu Arsenal. Sayangnya, di partai puncak mereka kalah 1-2.

Sementara itu pada musim 2020/2021, Chelsea mengalahkan Manchester City 1-0 di semifinal tapi kalah 0-1 dari Leicester City di final.

Baca Juga

Bebuyutan

Seperti sudah disebut sebelumnya, Chelsea akan bertemu Liverpool di final Piala FA yang akan digelar pada pertengahan Mei nanti.

Laga itu pun akan menjadi ulangan final Piala Liga Inggris pada Februari lalu, yang juga mempertemukan Chelsea vs Liverpool. Ketika itu, The Reds kalah di adu penalti.

Di sisi lain, ini menjadi kedua kalinya final Piala FA dan Piala Liga Inggris mempertemukan finalis yang sama. Momen ini pertama kali terjadi pada musim 1992/1993 antara Sheffield Wednesday dan Arsenal.

Baca Juga

Raja Semifinal

Kemenangan di semifinal Piala FA atas Crystal menghadirkan rekor istimewa bagi manajer The Blues, Thomas Tuchel.

Pria Jerman itu kini tercatat selalu menang dalam 11 laga semifinal yang ia jalani di sepanjang karier kepelatihannya.

Bersama Chelsea, Thomas Tuchel musim lalu memenangi semifinal Piala FA dan Liga Champions. Musim ini ia memenangi semifinal Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Piala Dunia Antarklub. Meski demikian, sejauh ini hanya 2 final yang ia menangi yakni Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub.

LiverpoolChelseaCrystal PalacePiala FAThomas TuchelTRIVIA

Berita Terkini