x

Pogba dan di Maria Terbaru, Starting XI Mengerikan Bintang Gratisan yang Diboyong Juventus

Selasa, 28 Juni 2022 15:06 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Termasuk Paul Pogba dan Angel di Maria yang bakal segera merapat, berikut starting XI berisikan para pemain gratisan yang pernah diboyong oleh Juventus. FOTO: REUTERS/Peter Powell

INDOSPORT.COM – Termasuk Paul Pogba dan Angel di Maria yang bakal segera merapat, berikut starting XI berisikan para pemain gratisan yang pernah diboyong oleh Juventus.

Musim 2021/2022 lalu tak berjalan lancar bagi Juventus. Pasalnya, mereka gagal meraih 1 gelar pun dari berbagai kompetisi yang diikuti.

Baca Juga

Di Liga Italia, Bianconer hanya finis di posisi 4 klasemen akhir. Sementara itu di Liga Champions mereka kandas di babak 16 besar. Nasib tragis terjadi di Coppa Italia dan Supercoppa di mana mereka hanya bisa menjadi runner up.

Situasi ini pun membuat Juventus berbenah serius menyambut musim baru. Sejumlah nama dibidik untuk diboyong di bursa transfer musim panas.

Menariknya, dari sejumlah nama yang masuk dalam radar Juventus, ada 2 nama yang berstatus bebas transfer sehingga bisa diboyong secara gratis. Keduanya adalah Paul Pogba dan Angel di Maria.

Baca Juga

Seperti diketahui, Pogba memang sudah dipastikan meninggalkan Manchester United seiring habisnya kontraknya pada musim panas ini. Gelandang Prancis itu diketahui sudah mencapai kesepakatan dengan Juve, dan kepindahannya bakal diresmikan awal bulan depan.

Pogba sendiri sebelumnya memang sudah pernah membela Juventus selama 4 musim pada 2012-2016 di mana ia memenangi 4 scudetto, sebelum dibeli oleh Manchester United dengan biaya 105 juta euro.

Sementara itu, Angel di Maria juga sudah dipastikan hengkang dari Paris Saint-Germain sebagai pemain bebas transfer. Meski sudah berusia 34 tahun, pemain Argentina itu dinilai masih bisa menjadi senjata Juventus seiring penampilannya di PSG musim lalu di mana ia mencetak 5 gol dan 9 assist dari 31 laga.

Baca Juga

Di sisi lain, kedatangan 2 pemain gratisan itu pun seolah menegaskan kebiasaan Juventus di beberapa musim terakhir dengan mendatangkan pemain bebas transfer. Tak jarang, para pemain gratisan itu menjadi andalan meski adal pula yang gagal.

Termasuk Angel di Maria dan Paul Pogba, berikut starting XI berisikan pemain gratisan yang sukses diboyong Juventus di bursa transfer.


1. Lini Belakang

Gianluigi Buffon, kiper Juventus.

Kiper – Gianluigi Buffon

Usai membela Juventus selama 17 musim, Gianluigi Buffon membuat kejutan dengan hengkang ke Paris Saint-Germain pada bursa transfer 2018. Meski demikian, ia pada akhirnya hanya bertahan satu bersama Les Parisiens.

Gianluigi Buffon pun kemudian memilih pulang ke Juventus dengan status bebas transfer pada Juli 2019. Meski hanya menjadi pelapis, Buffon berhasil meraih scudetto ke-10 bersama Juventus sebelum akhirnya pulang ke Parma pada musim panas 2021.

Baca Juga

Bek Kanan – Dani Alves

Bergelimang gelar bersama Barcelona dengan di antaranya memenangi 6 trofi Liga Spanyol dan 3 trofi Liga Champions, Dani Alves memutuskan hengkang ke Juventus sebagai pemain bebas transfer pada musim panas 2016.

Dani Alves sendiri pada akhirnya hanya bermain 1 musim di Juventus. Meski demikian, ia cukup jadi andalan dengan 33 penampilan di semua kompetisi dan torehan 6 gol, serta meraih trofi Liga Italia dan Coppa Italia.

Bek Tengah – Fabio Cannavaro

Sempat membela Juventus selama 2 musim, Fabio Cannavaro hengkang ke Real Madrid pada musim panas 2006. Bersama Los Blancos, ia berhasil meraih 2 gelar Liga Spanyol.

Namun, pada akhir musim ketiga, ia memilih kembali ke Juventus sebagai pemain bebas transfer seiring berakhirnya kontraknya di Real Madrid.

Baca Juga

Bek Tengah – Robert Kovac

Sukses meraih 2 gelar Liga Jerman bersama Bayern Munchen pada 2002/2003 dan 2004/2005, Robert Kovac bergabung dengah Juventus pada musim panas 2007.

Sayangnya, bersama Juventus ia malah terdegradasi ke Serie B akibat kasus Calciopoli. Namun, Kovac menjadi salah satu dari sedikit bintang yang memutuskan bertahan dan membawa Bianconeri memenangi Serie B dan langsung  kembali promosi ke Serie A.

Baca Juga

Bek Kiri – Olof Mellberg

Olof Mellberg mengakhiri petualangan 7 musim di Liga Inggris bersama Aston Villa, dengan bergabung ke Juventus pada musim panas 2008 seiring habisnya kontraknya.

Meski demikian, pada akhirnya Mellberg hanya bertahan 1 musim bersama Si Nyonya Tua sebelum hengkang lagi ke Olympiacos. Bersama Juve, bek Swedia itu mencatatkan 38 penampilan di semua kompetisi.

 

2. Lini Tengah dan Depan

Angel Di Maria terlihat sumringah usai mencetak gol untuk PSG di Liga Prancis, Sabtu (19/10/19) dini hari WIB.

Gelandang – Paul Pogba

Seperti sudah disebutkan, Paul Pogba menjadi salah satu nama yang  bakal bergabung dengan Juventus secara gratisan musim panas ini.

Menariknya, ini menjadi kali kedua Pogba datang ke Turin sebagai pemain bebas transfer, setelah sebelumnya melakukannya pada 2012 lalu.

Baca Juga

Gelandang – Sami Khedira

Sempat menjadi andalan Real Madrid pada beberapa musim pertamanya, Sami Khedira perlahan kehilangan tempat. Puncaknya, ia dilepas gratis ke Juventus pada Juli 2015.

Sempat kesulitan di musim perdana, Khedira berhasil merebut tempat utama pada musim kedua dan ketiganya di Juventus.  Namun cedera parah kemudian mengganggu karier Khedira sehingga menit bermainnya kembali menurun, sebelum akhirnya ia hengkang ke Hertha Berlin pada Februari 2021.

Baca Juga

Gelandang – Andrea Pirlo

Dianggap sudah habis oleh AC Milan, Andrea Pirlo tak diberi kontrak baru dan akhirnya hengkang secara gratis ke Juventus pada 2011.

Meski ketika itu sudah berusia 32 tahun, Andrea Pirlo terbukti masih mampu menjadi andalan Juventus. Empat musim bermain untuk Juventus, empat kali pula ia membawa Bianconeri memenangi scudetto. Secara total ia mencatatkan 163 penampilan dengan 38 assist dan 19 gol.

Winger Kanan – Angel di Maria

Bersama Paul Pogba, Angel di Maria menjadi satu lagi pemain gratisan yang akan bergabung dengan Juventus pada musim panas ini, usai merampungkan kontraknya di PSG.

Meski sudah berusia 32 tahun, ia diharapkan bisa menjadi andalan Juventus menggantikan Paulo Dybala. Legenda Juve, Gianluigi Buffon, bahkan melontarkan pujian tinggi untuk di Maria dengan menyebutnya bisa menjadi layaknya Maradona di Serie A.

Baca Juga

Winger Kiri – Kingsley Coman

Sulit menembus tim utama PSG, Kingsley Coman memilih hengkang ke Juventus secara bebas transfer pada Juli 2014. Meski tak selalu menjadi pilihan utama di Juve, aksi Coman sukses mencuri perhatian Bayern Munchen yang kemudian memboyongnya, hanya satu tahun setelah ia tiba di Turin.

Penyerang – Fernando Llorente

Fernando Llorente meninggalkan Athletic Bilbao setelah 9 musim, dan bergabung dengan Juventus pada 2013. Bersama Bianconeri, ia mencatatkan 27 gol dalam 92 laga dan meraih 2 gelar scudetto, sebelum memilih pulang ke Spanyol pada 2015 untuk membela Sevilla, juga sebagai pemain bebas transfer.

Andrea PirloJuventusPaul PogbaAngel di MariaGianluigi BuffonSami KhediraFabio CannavaroTRIVIAOne Football

Berita Terkini