x

3 Laga Legendaris Tottenham vs Liverpool: Saat Tuan Rumah Sukses Permalukan sang Tamu

Minggu, 6 November 2022 17:21 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Melihat tiga pertandingan Tottenham Hotspur yang berhasil ungguli Liverpool sebagai tuan rumah. Foto: Shaun Botterill/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Pertandingan Liga Inggris 2022-2023 antara Tottenham vs Liverpool, dijadwalkan bergulir pada Minggu (06/11/22).

Baik tuan rumah maupun tim tamu saat ini sedang sama-sama sibuk. Selain masih bertahan di Eropa, mereka juga memiliki daftar cedera yang lumayan di skuad masing-masing.

Baca Juga

Sepanjang perjalanannya sebagai kontestan Liga Inggris, Tottenham Hotspur dan Liverpool tentunya sudah sangat sering berjumpa sebagai musuh di lapangan.

Hanya saja, reputasi The Reds sedikit lebih mentereng dengan nama besar yang mereka miliki sejak zaman dahulu kala.

Begitu pula soal raihan gelar di Inggris maupun Eropa, klub Merseyside Merah di atas kertas jauh lebih unggul ketimbang Tottenham Hotspur.

Baca Juga

Di sisi lain, klub London Utara justru kerap berakhir sebagai kandidat penantang juara yang gagal dalam misi. Jika tidak finis di empat besar, mereka hanya bertengger di papan tengah klasemen saja.

Meski begitu, bukan berarti Tottenham Hotspur selalu tampil inferior di hadapan Liverpool. Apalagi di sepak bola, semua bisa terjadi - termasuk menang, kalah, dan seri dalam pertandingan.

Begitu pula dengan The Lilywhites yang pernah mencatatkan kemenangan impresif kontra The Reds dari masa ke masa.

Baca Juga

Jelang partai Liga Inggris 2022-2023 antara Tottenham vs Liverpool, mari mengingat sejenak beberapa pertandingan menarik yang pernah dimenangkan tuan rumah atas tamunya ini sepanjang sejarah.

Dirangkum dari laman resmi klub dan berbagai sumber, berikut ulasannya.


1. Tottenham vs Liverpool Tahun 2011

Melihat tiga pertandingan Tottenham Hotspur yang berhasil ungguli Liverpool sebagai tuan rumah. Foto: Shaun Botterill/Getty Images.

Totenham Hotspur mengawali pertandingan kandang mereka di Liga Inggris 2011-2012 dengan rapor merah lantaran dikalahkan Manchester City dengan skor mengerikan, 1-5.

Di tengah situasi tersebut, mereka harus menghadapi lawan sulit lainnya, Liverpool, di pertandingan kandang selanjutnya.

Baca Juga

Namun siapa sangka, Spurs ternyata berhasil berjaya di markas sendiri dengan skor telak 4-0 atas tim tamu yang saat itu masih beranggotakan Martin Skrtel dkk.

Ya, tidak tanggung-tanggung, empat gol berhasil mereka lesatkan tanpa ampun ke gawang Pepe Reina tanpa sekali pun membiarkan sang lawan membalasnya.

Adalah Luka Modric yang membuka keunggulan Spurs di White Hart Lane lewat gol cepat pada menit ke-7, yang kemudian menutup babak pertama Tottenham vs Liverpool saat itu dengan skor 1-0.

Baca Juga

Di babak kedua, tuan rumah ternyata makin menggila dengan mencetak tiga gol tambahan melalui Jermain Defoe dan brace Emmanuel Adebayor.

Perlawanan sengit memang sempat ditampilkan Liverpool saat itu, ketika dua pemain mereka yakni Martin Skrtel dan Charlie mendapat dua akumulasi kartu kuning.

Setelah kemenangan melawan Liverpool tersebut, penampilan Tottenham Hotspur di markas sendiri pun mulai membaik.

Baca Juga

Bahkan, mereka lagi-lagi mencetak kemenangan, kali ini 2-0, melawan Arsenal, di laga selanjutnya di White Hart Lane.

Hasil 4-0 Tottenham Hotspur pada musim 2011-2012 ini pun jadi kemenangan terbesar mereka atas Liverpool di era Premier League.

 

2. Dua Laga Legendaris Lainnya

Melihat tiga pertandingan Tottenham Hotspur yang berhasil ungguli Liverpool sebagai tuan rumah. Foto: Shaun Botterill/Getty Images.

Tahun 2017

Bermain di Stadion Wembley, kali ini Tottenham Hotspur lagi-lagi menekuk Liverpool dengan raihan empat gol.

Padahal sebelumnya, Spurs sempat kesulitan meraih hasil apik di kandang temporer mereka tersebut. Akan tetapi, situasi berubah saat mereka menjamu The Reds pada 22 Oktober 2017.

Baca Juga

Brace Harry Kane ditambah masing-masing satu gol dari Son Heung-min dan Dele Alli memastikan The Lillywhites menggondol tiga angka penih di pertandingan Liga Inggris 2017-2018 tersebut.

Sementara itu, Mohamed Salah tampil sebagai pencetak gol tunggal untuk Liverpool.

Setelah pertandingan ‘keramat’ tersebut, Tottenham Hotspur mencatatkan hasil yang cukup lumayan saat berkandang di Wembley pada musim tersebut.

Baca Juga

Pasalnya, mereka hanya mencatatkan satu lagi kekalahan di sana selama sisa musim 2017-2018, yakni melawan Manchester City.

Tahun 1963

Sekarang mari flashback ke tahun 1963 di mana kedua tim masih bermain di First Division Liga Inggris, dan Tottenham Hotspur pun masih bermarkas di White Hart Lane.

Pertandingan kandang Tottenham vs Liverpool pada 15 April 1963 tersebut berakhir dengan skor 7-2 untuk tuan rumah.

Baca Juga

Legenda Spurs, Jimmy Greaves, dengan membabi buta menceploskan empat gol ke gawang The Reds, ditambah dua brace dari Cliff Jones dan satu sumbangsih dari Frank Saul.

Sementara itu, Liverpool asuhan Bill Shankly hanya membukukan dua gol yang keseluruhannya diborong oleh Roger Hunt.

Sumber: tottenhamhotspur.com, lfchistory.net

LiverpoolTottenham HotspurLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga InggrisOne Football

Berita Terkini