x

Siap Saingi Juventus dan AC Milan Demi Juara Liga Italia, 4 Kunci Ini Jadi Pegangan Napoli

Sabtu, 19 November 2022 19:58 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Juni Adi
Bomber Napoli, Victor Osimhen merayakan gol pertama ke gawang Udinese di Liga Italia, Sabtu (12/11/22) malam WIB REUTERS/Ciro De Luca

INDOSPORT.COM – Ada empat hal yang akan membuat Napoli berjaya di Liga Italia (Serie A) musim 2022/2023, meskipun klub besar, seperti AC Milan dan Juventus mulai mengejar.

Klub papan tengah Liga Italia, Napoli menjadi salah satu kejutan di kompetisi Eropa musim 2022/2023 dengan menjadi pemuncak klasemen.

Il Partenopei mampu memenangi 13 pertandingan dan imbang dalam dua pertandingan, sehingga mampu mengumpulkan 41 poin dari total 15 pertandingan.

Selain itu, Napoli juga tercatat belum pernah kalah di kompetisi Liga Italia musim ini, sehingga beberapa klub belum mampu mengejar.

Pesaing terdekat yang kemungkinan akan jadi yang terberat bagi Napoli adalah AC Milan yang kini berjarak 8 poin dan duduk di peringkat kedua.

Baca Juga

Sementara itu, Juventus yang mulanya terseok-seok mampu kembali ke jalan yang benar dan masuk ke peringkat ketiga klasemen sementara Liga Italia.

Kendati demikian, Napoli bisa saja terus bertahan di puncak klasemen Liga Italia dan mengalahkan AC Milan, serta Juventus dalam perebutqan gelar juara.

Baca Juga

Tentu saja, Napoli akan berusaha yang terbaik agar bisa bertahan lebih lama di puncak klasemen, sehingga mampu menyaingi AC Milan yang berusaha meraih gelar.

Setidaknya, ada penyebab mengapa Napoli bisa unggul dari AC Milan dan Juventus di kompetisi Liga Italia musim ini.

Berikut merupakan 4 penyebab yang membuat Napoli bisa unggul dari AC Milan dan Juventus dalam menghadapi perebutan gelar juara Liga Italia.

Baca Juga

1. Luciano Spalletti

Luciano Spalletti, pelatih Napoli. Foto: REUTERS/Alberto Lingria

Penyebab pertama mengapa Napoli bisa unggul dari Juventus dan AC Milan dalam perebutan gelar juara Liga Italia adalah faktor Luciano Spalletti.

Pasalnya, pelatih asal Italia inilah yang menjadi kunci dari prestasi Il Partenopei, sehingga bisa bersaing dalam perebutan gelar juara.

Luciano Spalletti sendiri kini menggunakan satu pola strategi, yaitu formasi 4-3-3 yang berbeda dengan pelatih Napoli sebelumnya.

Dua pelatih Napoli yang cukup terkemuka, seperti Walter Mazzarri menggunakan formasi tiga bek, sementara Carlo Ancelotti menggunakan beberapa pola bergantian.

Pola yang tetap inilah yang akan membuat Napoli punya konsistensi permainan untuk mengalahkan AC Milan dan Juventus di klasemen Liga Italia.

Kedalaman Skuat yang Lebih Baik

Baca Juga

Melihat kondisi tim Napoli di Liga Italia musim 2022/2023, ada perbedaan ketika mereka mampu menjadi pesaing di papan tengah.

Napoli di musim ini mampu mendapatkan pemain-pemain hebat dan para peapis yang siap mengganti posisi pemain yang kosong.

Baca Juga

Salah satu yang terlihat kedalamannya adalah penyerang tengah, yang seakan tak kehabisan akal ketika Victor Osimhen sang pemain utama tak bisa turun.

Giovanni Simeone dan Gianluca Scamacca menjadi pelapis sepadan untuk Osimhen dan keduanya mampu bermain dengan baik ketika dibutuhkan.

Kondisi ini tentu membuat Napoli mampu bermain dengan baik, serta tak kehilangan keran untuk mencetak gol.

Baca Juga

2. Pertahanan yang Kuat

Kim Min-jae saat pertandingan Liga Champions antara Napoli vs Ajax Amsterdam

Kunci lain yang membuat Napoli sulit dikalahkan oleh Juventus dan AC Milan dalam perebutan gelar juara Liga Italia adalah pertahanan yang kuat.

Napoli memiliki duet emas, dengan Kim Min-Jae dan Juan Jesus sebagai duet andalan Luciano Spalletti di lini belakang.

Duet inipun kerap kali bermain dengan baik dan tak jarang menjadi kunci penghalang bagi tim lain untuk mencetak gol.

Selain itu, bek sayap Napoli juga mampu membantu serangan dan bertahan dengan baik yang diisi oleh Giovani Di Lorenzo dan Mathias Olivera.

Kunci inilah yang membuat Napoli bisa unggul dari Juventus dan AC Milan dalam perebutan gelar juara Liga Italia.

Khvicha Kvaratskhelia

Baca Juga

Kunci keempat mengapa performa Napoli bisa meningkat pesat adalah munculnya bintang baru dari Georgia, Khvicha Kvaratskhelia.

Kvaratskhelia merupakan kunci permainan Napoli dengan performa menawan di posisi sayap kiri.

Baca Juga

Napoli pun mengandalkan pemain 23 tahun ini sebagai salah satu pemain dengan performa terbaik dan mampu menjadi tombak serangan tim.

Tentu saja munculnya Kvaratskhelia perlu dijaga oleh Napoli supaya tidak terkena cedera dalam pertandingan penting.

Jika hal tersebut bisa dijaga, Napoli tentu saja bisa mengungguli AC Milan dan Juventus untuk gelar juara Liga Italia musim 2022/2023.

Baca Juga
AC MilanJuventusNapoliLuciano SpallettiLiga ItaliaBerita Liga Italia

Berita Terkini