x

Daftar Tim Italia yang Lolos Liga Champions Musim Depan: AC Milan Aman, Juventus Goodbye!

Senin, 29 Mei 2023 06:45 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Selebrasi pemain AC Milan, Ismael Bennacer bersama Davide Calabria di laga leg pertama Liga Champions antara AC Milan vs Napoli pada Kamis (13/04/2023). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM – Sederet tim Liga Italia sudah berhasil memastikan jatah tiket lolos Liga Champions (UCL) musim depan pasca berakhirnya pekan 37 Serie A, Senin (29/05/23).

Dalam laga penutup Liga Italia 22/23 pekan 37 dini hari tadi, terdapat big match yang mempertemukan Juventus kontra sang juara musim lalu, AC Milan.

Bertanding di Allianz Stadium, sang tuan rumah Juventus sejatinya mampu tampil menekan sepanjang laga dengan torehkan 16 tembakan.

Akan tetapi, rapatnya pertahanan AC Milan membuat Juventus gagal membuka skor hingga 90 menit pertandingan.

Apes bagi Juventus, meski mendominasi tetapi mereka malah kehilangan poin usai Olivier Giroud mencetak satu-satunya gol di laga ini pada menit 40’.

Baca Juga

Tambahan tiga angka, membuat AC Milan mengunci satu tempat di posisi empat besar dengan raihan 67 poin.

Dengan satu laga sisa, poin AC Milan sudah tidak bisa lagi dikejar oleh Alatanta yang kini berjarak enam angka di posisi lima.

Baca Juga

Selain AC Milan, tiga tim lain juga telah memastikan diri lebih dulu lolos ke Liga Champions usai bertengger di empat besar klsemen Liga Italia musim ini. Mereka adalah Napoli, Lazio serta Inter Milan.

Napoli sebagai juara Liga Italia musim ini, jadi tim pertama yang memastikan tiket ke Liga Champions usai raih poin terbanyak dan tak mampu dikejar oleh tim peringkat lima.

Saat ini, Napoli sudah mengumpulkan 87 poin dari 37 pertandingan. Mereka unggul 16 angka dari Lazio sebagai pesaing terdekat.

Baca Juga

1. Juventus Apes

Para pemain Juventus Frederico Gatti, Bremer, Filip Kostic, Wojciech Szczesny dan Arkadiusz Milik terlihat sedih usai pertandingan di laga Serie A Italia. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

Bagi Napoli, ini merupakan tiket Liga Champions beruntun mereka setelah di musim sebelumnya juga berhasil lolos usai finish di urutan ketiga.

Di musim 22/23, Napoli berhasil melangkah hingga perempat final Liga Champions sebelum disingkirkan AC Milan dalam dua leg pertemuan dengan agregat 1-2.

Sementara itu, Lazio yang berada di tempat kedua akhirnya bisa merasakan lagi kompetisi Liga Champions musim depan setelah di musim lalu hanya bisa tampil di ajang Liga Europa.

Di tempat ketiga dan keempat, duo Milan yakni Inter Milan serta AC Milan melengkapi jatah kuota Liga Champions wakil Liga Italia musim ini.

Selain empat tim yang sudah dipastikan lolos Liga Champion melalui jalur klasemen, ada satu tim lain yang bisa mendapat jatah tiket UCL lewat final Liga Europa.

Baca Juga

Adalah AS Roma yang kini bertengger di urutan keenam, namun bisa lolos ke Liga Champions andai di partai final Liga Europa menang menghadapi wakil Spanyol, Sevilla.

Berbanding terbalik dengan AS Roma, tim Si Nyonya Tua alias Juventus malah harus tersingkir dari Liga Champions bahkan berpotensi absen dari kompetisi Eropa musim depan.

Baca Juga

Sempat nyaman di urutan kedua, namun sanksi pengurangan poin yang mereka dapatkan di pekan ke-36 membuat Juventus melorot ke peringkat 7 dengan raihan 59 poin.

Juventus masih berjarak satu angka dari AS Roma yang berada di tempat keenam, atau batas akhir wakil Liga Italia ke kompetisi Eropa via UEFA Conference League.

Juventus juga selisih 8 poin dari AC Milan yang menempati peringkat empat, yakni batas akhir wakil Liga Italia lolos ke Liga Champions musim depan.

Berikut daftar tim Liga Italia yang lolos Liga Champions musim 23/24:

Baca Juga
AC MilanInter MilanJuventusNapoliLiga Italia

Berita Terkini