x

Deretan Rekor Gila AC Milan usai Pecundangi Juventus di Liga Italia

Senin, 29 Mei 2023 05:28 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Selebrasi pemain AC Milan Theo Hernandez merayakan gol kedua mereka bersama rekan setimnya pada laga Serie A Italia, Sabtu (06/05/23). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM – Sejumlah rekor serta catatan impresif sukses ditorehkan AC Milan usai mengalahkan Juventus dalam lanjutan Liga Italia 22/23, Senin (29/05/23) dini hari WIB.

Bertanding di Allianz Stadium pada pekan ke-37 Liga Italia, sang tuan rumah Juventus harus gigit jari lantaran kembali menelan kekalahan saat menjamu AC Milan.

Gol tunggal Olivier Giroud pada menit ke-40’, berhasil memastikan kemenangan AC Milan atas Juventus pekan ini.

Bagi Olivier Giroud, ini merupakan golnya yang ke -17 dari total 46 penampilan bersama AC Milan sepanjang musim 22/23.

Dengan tambahan tiga angka, membuat AC Milan berhasil bertengger di urutan keempat klasemen lewat torehan 67 poin.

Baca Juga

Hanya tersisa satu pertandingan jelang tutup musim, AC Milan dipastikan meraih tiket Liga Champions musim depan usai perolehan poin mereka tak lagi mampu dikejar Atalanta di tempat kelima.

Sementara bagi Juventus, kekalahan atas AC Milan membuat mereka tertahan di peringkat 7 klasemen dengan koleksi 59 poin.

Baca Juga

Si Nyonya Tua berpotensi absen di kompetisi Eropa musim depan, lantaran masih memiliki selisih satu poin dari AS Roma di tempat keenam atau jatah terakhir wakil Liga Italia ke ajang Eropa.

Juventus bisa lolos ke Eropa andai pada pekan terakhir mampu menang atas Udinese, serta pada laga bersamaan Atalanta dan AS Roma gagal amankan poin.

Pasca raih kemenangan dan membuat Juventus berpotensi gagal tampil di Eropa, AC Milan berhasil torehkan sejumlah rekor serta catatan impresif. Lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT merangkum:

Baca Juga

1. Giroud Menggila

Selebrasi pemain AC Milan Theo Hernandez merayakan gol kedua mereka bersama Alexis Saelemaekers pada Serie A Italia, Sabtu (06/05/23). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

Rekor pertama datang dari ujung tombak AC Milan, Olivier Giroud yang terlihat makin garang meski usianya sudah menginjak 36 tahun.

Melansir dari laman Opta, tambahan satu gol ke gawang Juventus semalam membuat mantan penggawa Chelsea tersebut sudah mencetak 12 dalam satu musim di 5 Liga Besar Eropa.

Catatan tersebut merupakan yang pertama kali buat Olivier Giroud sejak musim 2016/17 silam.

Di musim tersebut, Olivier Giroud berhasil mencetak 12 gol dalam satu musim kompetisi Liga Inggris saat masih berseragam Arsenal.

Setelahnya, Olivier Giroud yang hengkang ke Chelsea hanya bisa mencetak gol paling banyak 11 di kompetisi Premier League (ajang liga) dalam semusim.

Baca Juga

Rekor Pertemuan Kontra Juventus
Berikutnya, adalah rekor pertemuan AC Milan ketika menghadapi Juventus dalam satu musim kompetisi.

Masih dari Opta, kemenangan AC Milan dini hari tadi membuat mereka menyamai torehan musim 1990/91 dan 2009/10 silam, yakni mengalahkan Juventus dalam dua pertemuan.

Baca Juga

Terakhir kali Juventus kalah beruntun dari AC Milan terjadi pada musim 2009/10, di mana saat itu Rossonerri berhasil menang 3-0 dalam laga tandang dan kandang.

Hattrick Jatah Liga Champions

Terakhir adalah jatah tiket Liga Champions yang berhasil diraih AC Milan sebanyak tiga musim beruntun.

Dengan tambahan tiga poin usai mengalahkan Juventus, kini AC Milan dipastikan lolos ke UCL usai menempati urutan empat besar klsemen Liga Italia.

Bagi AC Milan, ini merupakan kali ketiga secara beruntun mereka dapat lolos ke Liga Champions. Di dua musim sebelumnya, Rossoneri juga amankan jatah UCL dengan finish kedua dan pertama Serie A.

Terakhir kali AC Milan bisa hattrick lolos ke Liga Champions terjadi pada tahun 2010 hingga 2013. Saat itu, AC Milan mendapat tiket UCL dengan status juara Serie A (musim 2010/11), runner up Serie A (2011/12) serta peringkat tiga Liga Italia (2012/13).

Baca Juga
AC MilanJuventusOlivier GiroudLiga ItaliaTRIVIA

Berita Terkini