x

Bedah Kualitas Nico Williams, Winger Belia yang Buat Liverpool dan Barcelona Gontok-gontokan

Selasa, 19 September 2023 19:10 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Nico Williams, pemain Timnas Spanyol. (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

INDOSPORT.COM - Dua raksasa Eropa yakni Liverpool dan Barcelona dilaporkan sedang gintok-gontokan demi mendapatkan jasa Nico Williams di bursa transfer musim dingin 2023 mendatang.

Liverpool mengincar winger milik Athletic Bilbao, Nico Williams di bursa transfer lantaran ingin menjadikan alternatif pengganti Mohamed Salah.

Baca Juga

Keadaan itu tidak terlepas dari tawaran menarik salah satu klub Liga Arab Saudi, Al Ittihad, untuk membuat Mohamed Salah hengkang dari Liverpool.

Beruntung, Mohamed Salah akhirnya tidak pergi ke mana-mana sampai bursa transfer pemain pada musim panas 2023 lalu ditutup.

Hanya saja, dengan usia dan kematangan Mohamed Salah saat ini, ditambah rentetan gelar dan trofi yang telah ia kumpulkan, Liverpool mungkin bisa mulai mencari pengganti.

Sebelumnya, sejumlah nama yang digadang-gadang cocok sebagai gantinya sudah sempat beredar di bursa tranfer pemain.

Sebut saja yang paling santer Federico Chiesa, atau Leroy Sane, dan bahkan Johan Bakayoko. Namun jika harus menyebut nama lain, kali ini ada Nico Williams.

Sementara itu, Barcelona ingin menjadikan Nico Williams sebagai pengganti Ansu Fati yang akan segera dilepas dengan status permanen.

Ansu Fati sendiri tengah dipinjamkan oleh Barcelona ke Brighton & Hove Albion selama satu tahun, atau hingga 30 Juni 2024.

Baca Juga

Bukan tidak mungkin Barcelona akan melepaskan Fati secara permanen, mengingat permainannya mulai menurun.

Di sisi lain, Xavi Hernandez selaku pelatih Barcelona merasa cocok dengan gaya permainan yang ditunjukkan oleh Nico Williams. Sehingga, Liverpool harus berjuang lebih keras mendapatkan winger Athletic Bilbao tersebut.

Menjadi bidikan dua raksasa Eropa, Liverpool dan Barcelona, tentu banyak yang bertanya-tanya, seberapa hebat Nico Williams. Berikut kami telah membedah kualitas sang pemain:

Baca Juga

1. Bedah Kualitas Nico Williams

Nico Williams, pemain Timnas Spanyol. (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

Nico Williams lahir di Spanyol pada 12 Juli 2002 silam. Ia sebenarnya sudah tidak asing lagi di kancah kompetisi Liga Spanyol.

Pasalnya, Nico Williams merupakan adik dari pemain Athletic Bilbao, Inaki Williams, namun memilih tim nasional yang berbeda.

Baca Juga

Nico Williams saat ini berkostum Timnas Spanyol sedangkan sang kakak lebih memilih berpindah hati ke salah satu negara Benua Afrika, Ghana.

Ia mendapat panggilan pertama dari Timnas Spanyol yang ditangani Luis Enrique, untuk berpartisipasi di UEFA Nations League 2022 lalu.

Nico Williams mengawali perjalanannya sebagai pemain sepak bola profesional bersama CD Pamplona, kemudian berlanjut ke Osasuna.

Dari Osasuna pada 2013 silam, ia pindah ke Athletic Bilbao namun sempat menimba ilmu di Basconia sebelum kembali ke pelukan The Lions pada 2020 lalu.

Ia mentas dari tim B Athletic Bilbao dan melakoni pertandingan-pertandingan di level senior sejak 2021.

Sepanjang musim 2022-2023, Nico Williams menjadi salah satu pemain yang kerap dipilih untuk turun di pertandingan-pertandingan LaLiga.

Nico Williams mencatat 36 penampilan, mencetak 6 gol, 5 assist, dan membantu Athletic Bilbao finis di peringkat 8 klasemen akhir Liga Spanyol musim lalu.

Pada 2022-2023 pula, ia menorehkan 6,8 takes-on per pertandingan - terbanyak ke-13 di antara para pemain lima liga top Eropa.

Baca Juga

Selain itu, Nico Williams juga menunjukkan kemampuan dribel yang apik di area pertahanan lawan, dengan rata-rata 2,2 carries per pertandingan.

Eksistensinya pun kembali berlanjut musim ini, dengan 4 penampilan di LaLiga dan torehan 4 assist plus 263 menit bermain.

Menjadi salah satu prospek menjanjikan di LaLiga, Nico Williams pun disebut-sebut berhasil meraih hati dua raksasa Eropa, Liverpool dan Barcelona.

Baca Juga
Bursa TransferLiverpoolBarcelonaAthletic BilbaoTransfer PemainNico Williams

Berita Terkini