Sempat Muncul Polemik, Pembalap Nasional Keluar Sebagai Juara MTB XC Marathon 2018

Sabtu, 29 September 2018 23:14 WIB
Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT/Dimas Ramadhan
Indonesia Raya Copyright: © INDOSPORT/Dimas Ramadhan
Indonesia Raya

INDOSPORT.COM - Pembalap nasional, Zaenal Fanani sukses keluar sebagai yang terbaik dalam ajang MTB XC Marathon 2018. Menangnya Zaenal nyatanya harus melalui permasalahan yang cukup pelik.

Kejuaraan bergengsi tingkat nasional, Rhino Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XC-M) 2018 telah berlangsung pada Sabtu (29/09/18) pagi tadi.

Ajang yang berlangsung di Festival Pesona Tanjung Lesung, Banten ini berhasil dimenangkan oleh pembalap sepeda gunung profesional Tanah Air, Zaenal Fanani. Pria berusia 27 tahun ini mencatatkan waktu 1 jam 55 menit 23 detik.

Di balik kemenangan Zaenal ternyata sempat muncul polemik. Mantan pembalap pelatnas itu sejatinya bukanlah atlet yang mencapai finis paling depan. Deny Ari Yulianto lah yang lebih dahulu melewati garis akhir lomba. Nama Deny pun sempat terpilih menjadi pemenang.

Namun sesaat setelah lomba berakhir, keputusan Deny sebagai pemenang dianulir. Hal itu terjadi lantaran ada dua pembalap yang sudah seharusnya berada di depan Deny alias lebih cepat, yakni Zaenal Fanani dan Rafika Mokhamad Farisi.

Usut punya usut, sekitar 16 kilometer dari garis finis atau sudah 80 persen lomba berjalan, ternyata Zaenal dan Rafika sempat tersasar karena kelengahan dari marshall. Marshall yang terdiri dari warga setempat serta pasukan pramuka, tidak menyangka bahwa kedua pembalap nasional tersebut sangat cepat hingga terlewat karena tidak siap.

"Kita sudah briefing para marshall lomba ini bisa selesai 2-3 jam. Mereka jadi banyak yang berfikir mereka bakal datang beberapa jam lagi," ujar Devino Oktavianus selaku Direktur Balapan.