Ellyas Pical, dari Pencari Kerang hingga Juara Dunia

Jumat, 24 Maret 2017 18:25 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Legenda tinju Indonesia Ellyas Pical. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Legenda tinju Indonesia Ellyas Pical.

Dewasa ini, bila disebut siapa sosok petinju yang paling terkemuka dari Indonesia, kebanyakan dari kita mungkin hanya mengetahui nama Chris John dan Daud Yordan.

Tidak heran memang mengingat kedua petinju itu selama beberapa tahun ke belakang berhasil mengharumkan nama Indonesia di berbagai kejuaraan tinju internasional, serta juga berhasil meraih berbagai sabuk juara.

Chris John contohnya. Petinju berjuluk The Dragon itu tercatat sebagai petinju kedua dunia yang berhasil mempertahankan sabuk juaranya, setelah petinju Amerika Serikat, John Patrick Kilbane.

Sejak meraih sabuk juara WBA (Super) featherweight pada 2004 silam, Chris John selalu berhasil mempertahankannya hingga 2013 yang berarti hampir satu dekade lamanya.

Namun, tahukan Anda sebelum dunia tinju internasional mengenal nama Chris John dan Daud Yordan, terdapat satu sosok petinju Indonesia yang lebih dulu menorehkan tinta emas di dunia tinju internasional.

Sosok itu bernama Ellyas Pical. Pria yang saat ini sudah berusia 57 tahun itu akan selalu dikenang sebagai petinju Indonesia pertama yang berhasil meraih gelar juara dunia.

Kini, tepat di hari ulang tahunnya yang jatuh pada 24 Maret, INDOSPORT coba sajikan sebuah tulisan mengenai perjalanan sang legenda dari masa kecil hingga hari tuanya yang penuh dengan kesederhanaan.