Petinju Bersaudara Ini Jadi Musuh Besar Muhammad Ali dan Mike Tyson

Minggu, 10 Mei 2020 15:28 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Grafis: Yanto/INDOSPORT
Muhammad Ali dan Mike Tyson dikenal sebagai dua legenda tinju kelas berat terbaik dunia. Ternyata ada petinju kakak-beradik yang jadi musuh besar mereka. Copyright: © Grafis: Yanto/INDOSPORT
Muhammad Ali dan Mike Tyson dikenal sebagai dua legenda tinju kelas berat terbaik dunia. Ternyata ada petinju kakak-beradik yang jadi musuh besar mereka.

INDOSPORT.COM - Muhammad Ali dan Mike Tyson dikenal sebagai dua legenda tinju kelas berat terbaik sepanjang masa. Tertutup popularitas, ada petinju kakak-beradik yang mampu menjadi musuh besar mereka.

Akibat nama besar yang disandang dua petinju kelas berat tersebut, nama Spinks bersaudara tampak hilang pamor. Terdiri dari Leon Spinks sang kakak, dan Michael Spinks selaku adik, dua petinju ini sempat menorahkan sejarah ketika lawan Ali serta Mike.

Leon sempat mengejutkan dunia olahraga baku hantam ketika sukses menangi duel lawan Ali. Mantan petinju asal Amerika Serikat itu sukses merebut gelar juara kelas berat dari 'The Greatest' pada tahun 1978 silam.

Meski memiliki julukan terbaik sepanjang masa, Ali cenderung tak berkutik predikat jawaranya telah terenggut. Benar saja, melalui berbagai keunggulan perlawanan, Leon mampu cetak rekor sebagai peraih jawara tersingkat yakni hanya dalam delapan laga profesional pada penghujung ronde ke-15.

Tak mau kalah dengan sang kakak, Michael juga mampu membuat publik dunia terkagum-kagum berada setara dengan Tyson. Padahal, saudara termuda Spinks ini mengawali pertandingan dari kelas berbeda.

Menjalani kelas berat ringan, Michael punya catatan bersih dengan 31 kali total kemenangan dan berkesempatan naik ke kelas berat. Dilansir laman berita Bleacher Report, sebelum akhiri karier 1988 lalu, dirinya sempat buat 'Iron Mike' merasakan kesulitan selama 91 detik di atas ring.

Baik Leon dan Michael sukses membuat kalangan dunia tercengang atas prestasi mereka yang bisa imbangi dua legenda tinju kelas berat sepanjang masa. Tapi, setelah berbagai kejayaan itu mereka mengalami musibah yang tidak bisa dibayangkan sebelumnya.

Melansir laman berita The Sun, setelah pensiun 1995, Leon sempat beberapa kali gonta-ganti olahraga seperti gulat dan sebagainya karena surut karier. Pada 2019 lalu, dirinya didiagnosis menderita kanker prostat dan sedang dalam pemulihan.

Sementara itu, Michael, yang telah putuskan gantung sarung tinju setelah takluk atas Tyson, sempat alami masalah finansial pada 2011 silam, tapi kini telah berangsur membaik. Terlepas dari masalah-masalah itu kedua bersaudara Spinks ini masih akan diingat sebagai penantang terbaik Ali dan Tyson.