Momen Mike Tyson Nyaris Patahkan Lengan Kevin McBride di Atas Ring

Kamis, 14 Mei 2020 14:32 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
© Jamie Squire/Getty Images
Mike Tyson vs Kevin McBride dalam pertandingan tinju. Copyright: © Jamie Squire/Getty Images
Mike Tyson vs Kevin McBride dalam pertandingan tinju.

INDOSPORT.COM – Pada pertarungan terakhirnya sebelum pensiun 2005 silam, Mike Tyson melakukan hal ilegal dengan berusaha mematahkan lengan lawannya, Kevin McBride.

Pertarungan antara Mike Tyson melawan Kevin McBride menjadi salah satu momen paling kontroversial dalam jagat tinju profesional. Pasalnya, tepat setelah McBride merayakan kemenangan, Tyson mengumumkan pensiun.

Pertandingan tersebut berlangsung di MCI Arena, Washingtn DC, pada 11 Juni 2005. Laga ini hanya selang 11 bulan sejak Tyson dikalahkan di laga terakhir melawan Danny Williams.

Pertarungan dimulai dengan keunggulan Mike Tyson. Dia bahkan nyaris membuat McBride KO di atas ring. Namun memasuki ronde ke-4, McBride tampil gila dengan melancarkan pukulan-pukulan mematikan.

Tyson tampaknya mulai frustasi karena terus menerus dihantam McBride. Hingga pada ronde 6, dia mulai menunjukkan hal yang ilegal.

Pada ronde itu, Mike Tyson ternyata mencoba melakukan trik dengan berusaha mematahkan lengan kiri McBride. McBride terlihat kesakitan mendapatkan perlakuan itu.

Wasit yang menyadarinya mulai memisah kedua petarung, dan mengganjar Tyson dengan pengurangan poin dari wasit.

Menjelang berakhirnya ronde ke-6, Mike Tyson sudah kehilangan semua kekuatannya. Dia akhirnya naik ke ring namun memutuskan tidak melanjutkan pertandingan melawan McBride.

Keputusan Tyson cukup mengejutkan karena saat itu dia masih unggul dua poin dari lawannya. Setelah pertarungan resmi berakhir, McBride malah dinobatkan sebagai pemenang.

Lucunya, perayaan kemenangan McBride tak berlangsung lama karena Tyson saat itu juga memutuskan pensiun dari dunia tinju. Sebuah keputusan yang dianggap kontroversial sampai saat ini.

Kenangan itu kembali mencuat setelah Mike Tyson memutuskan comeback naik ring untuk sebuah pertarungan amal baru-baru ini. Dia siap menantang semua mantan lawan yang pernah mengalahkannya, termasuk McBride.

Tyson tak main-main dengan rencana comeback tersebut. Baru-baru ini pria 53 tahun itu merilis video saat latihan yang memperlihatkan kekuatan dan kecepatan tinjunya yang masih seperti dulu.