Termasuk Mike Tyson, 4 Petinju Lebih dari Sekali Jadi Lawan Holyfield

Selasa, 2 Juni 2020 12:45 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© GETTY IMAGES
Setidaknya ada empat petinju dunia pernah melawan legenda Evander Holyfield sebanyak lebih dari dua kali, termasuk Mike Tyson. Copyright: © GETTY IMAGES
Setidaknya ada empat petinju dunia pernah melawan legenda Evander Holyfield sebanyak lebih dari dua kali, termasuk Mike Tyson.

INDOSPORT.COM - Setidaknya ada empat petinju top dunia pernah melawan legenda Evander Holyfield sebanyak lebih dari dua kali, termasuk Mike Tyson.

Evander Holyfield merupakan petinju yang lahir di Amore, Alabama, Amerika Serikat, 19 Oktober 1962. Dia mendapat julukan The Real Deal atau The Warrior.

Holyfield sempat turun di nomor light heavyweight, cruiserwaight, dan heavyweight dengan gaya bertarung orthodox (berpostur hingga 1,97 meter).

Holyfield sempat meraih medali perunggu di Olimpiade 1984 Los Angeles dan medali perak Pan American Games 1983 Caracas pada kelas light heavyweight.

Karier tinju profesional Holyfield dimulai ketika bersua lawan dari Amerika Serikat Lionel Byarm di Madison Square Garden, New York, 15 November 1984.

Holyfield, yang kala itu berusia 22 tahun 27 hari, sukses mengalahkan Byarm usai bermain enam ronde penuh dengan hasil penghitungan. Laga ini belum ada gelar.

Seiring berjalannya waktu, Holyfield sukses membukukan 44 kemenangan, 10 kalah, dua kali seri, dan sekali menang tanpa tanding (total 57 pertarungan).

Holyfield pun telah pensiun pada 2014 usai pertandingan terakhir melawan Brian Nielsen (Denmark) sukses dimenangkan dengan status TKO, 7 Mei 2011.

Kendati begitu sepanjang karier Holyfield, ada sebuah hal menarik yang bisa dicermati bersama oleh para penggemar olahraga tinju di dunia.

Sebab ada beberapa lawan Holyfield harus bertanding lebih dari dua kali. Siapa saja mereka?

1. Lennox Lewis

© Sports Hub
Lennox Lewis  bertarung melawan Vitali Klitschko pada tahun 2003 Copyright: Sports HubPetinju asal inggris Lennox Lewis (kiri) bertarung melawan Vitali Klitschko (kanan), 2003.

Petinju asal Inggris Lennox Lewis menjadi salah satu lawan Evender Holyfield di ring tinju lebih dari sekali, tepatnya dua kali dalam rentang waktu delapan bulan.

Pertemuan pertama antara Holyfield dan Lewis berakhir imbang, 13 Maret 1999. Hasil tersebut membuat Holyfield mampu mempertahankan gelar WBA dan IBF.

Sedangkan perjumpaan kedua membuat Holyfield kalah dari Lewis, 13 November 1999. Hal ini membuat Holyfield kehilangan sabuk WBA dan IBF.

2. Mike Tyson

© Gettyimages
Legenda kelas berat Mike Tyson dilatih oleh Atlas sebagai petinju amatir. Copyright: GettyimagesLegenda kelas berat Mike Tyson dilatih oleh Atlas sebagai petinju amatir.

Lalu ada petinju kelahiran Amerika Serikat Mike Tyson yang juga sempat melawan Evander Holyfield sebanyak dua kali dengan jarak sekitar tujuh bulan.

Perjumpaan pertama sukses membuat Holyfield mengalahkan Tyson dengan status TKO dan merengkuh sabuk kelas berat WBA, 9 November 1996.

Lalu pertarungan kedua juga dimenangkan Holyfield dengan status Tyson didiskualifikasi karena menggigit telinga lawan, 28 Juni 1997.

3. John Ruiz

© Thomas Langer/Getty Images
John Ruiz Copyright: Thomas Langer/Getty ImagesPetinju John Ruiz (kiri).

Kemudian ada petinju asal Amerika Serikat, John Ruiz, juga menjadi lawan Holyfield lebih dari dua kali di atas ring tinju dalam memperebutkan sabuk.

Holyfield bersua Ruiz dalam pertarungan perdana sukses membuat The Deal Real menang secara keputusan (UD) setelah bertanding 12 ronde, 12 Agustus 2000.

Lalu Ruiz membalas kekalahan awal dari Holyfield pada pertarungan kedua dengan hasil keputusan (UD) kala keduanya bertinju selama 12 ronde, 3 Maret 2001.

Terakhir, pertandingan Holyfield vs Ruiz berakhir imbang 15 Desember 2001. Hasil itu membuat Holyfield mempertahankan gelar kelas berat WBA.

4. Riddick Bowe

© The Ring Magazine/Getty Images
Riddick Bowe Copyright: The Ring Magazine/Getty ImagesMantan petinju Riddick Bowe.

Kemudian Riddick Rowe menjadi lawan berulang kali Holyfield dalam kurun waktu tiga tahun. Total pertemuan keduanya sebanyak tiga kali kala itu.

Perjumpaan pertama Holyfield kandas dari Rowe, 13 November 1992 dan kehilangan sabuk kelas berat WBA, WBC, dan IBF kala itu usai keduanya main 12 ronde.

Pertemuan kedua Holyfield sempat menang dari Rowe dan memenangkan sabuk WBA dan IBF, 22 April 1994. Lalu pertarungan ketiga Holyfield takluk TKO dari Rowe, 4 November 1995.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%