In-depth

Amir Khan, dari Difitnah Rayakan Natal Hingga Pingsan di Tangan Manny Pacquiao

Rabu, 24 Juni 2020 17:27 WIB
Editor: Coro Mountana
© Al Bello / Getty ImagesGarden
Amir Khan saat akan memukul lawannya Terence Crawford gelar kelas welter WBO di Madison Square 20/04/19. Al Bello / Getty ImagesGarden Copyright: © Al Bello / Getty ImagesGarden
Amir Khan saat akan memukul lawannya Terence Crawford gelar kelas welter WBO di Madison Square 20/04/19. Al Bello / Getty ImagesGarden

INDOSPORT.COM – Amir Khan, Petinju terkenal yang ternyata pernah difitnah rayakan natal hingga pingsan di tangan Manny Pacquiao.

Dalam dua dekade terakhir, nama Amir Khan begitu terkenal berkat prestasinya dalam dunia tinju. Kariernya semakin menanjak ketika Amir Khan sukses memenangkan medali perak Olimpiade 2004 yang di mana ia melanjutkan kiprahnya di Amerika Serikat.

Latihan keras dan suara pukulan terus didengarnya yang mana itu mengiringi langkah kesuksessan Amir Khan di dunia tinju. Hingga akhirnya Amir Khan sukses jadi penguasa gelar kelas welter ringan dengan merebut sabuk WBA dari 2009-2012 dan sabuk IBF pada 2011.

Kerja kerasnya membuahkan prestasi gemilang yang ternyata di balik itu semua, ada hal lain yang juga sedang diperjuangkan Amir Khan. Yaitu, ingin menyebarkan kebaikan sekaligus mewartakan jika Islam yang selama ini dikaitkan dengan terorisme itu tidak benar adanya.

“Saya rasa orang-orang mengikuti saya karena fokus pada sikap baik saya. Saya bertanding di New York, tempat aksi terorisme 11 September, tempat orang sangat takut dengan muslim, tapi saya bisa membuat semua orang datang mendukung saya,” cerita Amir Khan, seperti yang dilansir dari Bleacher Report.

Apa yang dilakukan oleh Amir Khan memang sungguh mulia, ia mengerjakan berbagai aksi amal demi menyebarkan kebaikan dan berusaha mengubah stigma negatif yang melekat pada Islam di Amerika Serikat. Pernah suatu ketika, Amir Khan datang ke Pakistan dan membangun sumur di daerah kekeringan.

Aksi sosial yang dilakukan bahkan sampai membuat Amir Khan mendirikan Amir Khan Foundation. Tak hanya itu, pada masa pandemi virus corona saat ini, Amir Khan Foundation rupanya ikut memberikan bantuan bahan makanan bagi warga miskin yang terdampak oleh lockdown di Inggris.

Berbagai tindakan amal di luar tinju yang dilakukan Amir Khan membuatnya begitu dicintai, tapi ternyata ada suatu ketika ia sempat dibenci setelah dianggap ikut merayakan natal, bagaimana bisa?