Ekstrem, Latihan Fisik Manny Pacquiao Sampai Bikin Geleng Kepala

Rabu, 7 Oktober 2020 16:46 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Steve Marcus/Getty Images
Manny Pacquiao memiliki rutinitas latihan fisik yang bikin geleng kepala. Copyright: © Steve Marcus/Getty Images
Manny Pacquiao memiliki rutinitas latihan fisik yang bikin geleng kepala.

INDOSPORT.COM - Manny Pacquiao yang belum lama ini dikabarkan akan menghadapi Conor McGregor, ternyata punya rutinitas latihan yang luar biasa.

Ikon tinju sekaligus tokoh politik Filipina tersebut diketahui melakukan sejumlah aktivitas fisik berat demi menjaga kebugaran tubuhnya sebagai atlet. Terlebih lagi, di usianya saat ini yang bisa dibilang tidak muda lagi.

Seperti diberitakan laman Mundo Deportivo dari Men’s Health, Pacquiao memiliki setidaknya belasan asisten dan pelatih pribadi yang membantunya. Pria yang juga akrab dipanggil Pac-Man tersebut bahkan rajin bangun pagi setiap pukul 6.30.

Pacquiao memiliki agenda latihan saat pagi dan sore (double session) sebanyak tiga hari. Namun secara keseluruhan, petinju berusia 41 tahun tersebut mengagendakan latihannya enam hari dalam sepekan.

Lalu apa yang dilakukan Pac-Man saat pagi hari? Seperti kebanyakan orang, ia hanya melakukan sejumlah aktivitias ringan, berlari, dan latihan kardio.

Namun rutinitas berbeda ia jalani pada hari-hari double session-nya, yakni melakoni latihan lebih berat yakni sparring. Sejumlah lawan yang menjadi partner tarungnya adalah Jhack Tepora, Genesis Libranza, Jayar Inson, dan lain-lain.

Bukan hanya itu, ia bahkan menghadapi mereka para pensiunan militer AS yang berlatih di gym miliknya. Meski tergolong bertubuh mungil sebagai seorang petinju, Pacquiao tidak pernah gentar menghadapi lawan-lawannya yang lebih besar.

Mendengar aktivitas-aktivitas Manny Pacquiao di atas saja sepertinya sudah cukup melelahkan, tapi ternyata pria kelahiran 17 Desember 1978 tersebut sempat melakukan latihan-latihan lain yang lebih ekstrem.

Pernah suatu saat Pacquiao melatih kekuatan kaki dan ketahanan fisiknya dengan berlari sejauh 14 kilometer di sebuah bukit. Kegiatan ini menghabiskan waktu setidaknya sampai dua jam.

Berlatih di luar ruangan dan ditemani suasana alam pada kenyataannya tidak cukup membuat seorang Pacquiao puas. Setelahnya, ia bahkan melakukan sit-up sebanyak 1.500 kali.

Nama Manny Pacquiao belum lama dikaitkan dengan petarung MMA, Conor McGregor, yang menantangnya bertinju di ring. Ajakan tersebut terlontar dari The Notorious lewat akun Twitter-nya beberapa waktu lalu.