Hasil Mega Duel Vasyl Lomachenko vs Teofimo Lopez: Juara Baru Telah Lahir!

Minggu, 18 Oktober 2020 13:03 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Petinju Amerika Serikat, Teofimo Lopez berhasil merebut empat sabuk gelar juara dunia kelas ringan IBF, WBA, WBC, dan WBO usai mengalahkan Vasyl Lomachenko dalam pertarungan 12 ronde, Minggu (18/10/20).

Lopez memang tampil agresif sejak ronde pertama. Meski kerap meleset karena lawannya cukup agresif, namun ia mencoba terus memberikan pukulan kombo dan hook kanan yang keras. Sementara Lomachenko memilih untuk tetap tenang dan bertahan, serta menganalisis gaya bertarung lawannya.

Ronde kedua hingga kelima, Lomachenko memilih bertarung dengan sabar dan nampak lebih berhati-hati membuat Teofimo Lopez yang mendominasi semakin greget untuk cepat mengalahkan lawannya.

Vasyl Lomachenko memulai ronde keenam dengan pukulan hook kanan yang tepat mendarat diwajah lawannya. Namun ia mendapatkan serangan balasan dari Lopez berupa uppercut yang begitu cantik di akhir ronde.

Ronde ketujuh masih didominasi oleh Teofimo Lopez, yang ingin terus merobohkan pertahanan lawannya yang begitu kuat. Serangan dan pukulan sukses dihindari oleh Lomachenko.

Duel mulai memanas pada ronde kedelapan, setelah Lomachenko mencoba bangkit dengan tangan kidalnya memberikan umpan silang dan pukulan kombinasi yang mematikan.

Ronde kesembilan, jual-beli serangan kembali terjadi dengan Lomachenko dengan gesit melakukan serangan jabs combo yang lebih akurat, yang dibalas dengan pukulan keras ke arah wajahnya oleh Lopez.

Ronde ke-10, serangan dari Lopez berhasil dihalau oleh Lomachenko, dengan memberikannya silang kiri dan hook kanan yang amat cantik. Tensi panas berlanjut setelah Lopez mendapatkan peringatan dari wasit karena mencoba memukul perut bawah lawannya.

Pertarungan semakin menarik saat memasuki ronde ke-11, Lomachenko lebih agresif dengan jabs dan pukulan power shot-nya. Lopez pun melemah saat kembali mendapatkan hook dan counter jab saat sang veteran mulai memanas.

Kedua petinju pun makin agresif saat memasuki ronde pamungkas. Awalnya Lomachenko tampil ngotot, namun ia mulai kelelahan dan tak bisa melawan kelincahan serta pukulan kilat dari juniornya.

Menyisakan waktu 12 detik, pelipis kanan Lopez sobek, karena yak sengaja mendapatkan goresan dari kepala lawannya. Pertandingan sempat terhenti sejenak untuk meredakan darah yang mengucur dari pelipis petinju tuan rumah.

Hingga akhirnya duel berakhir dengan wasit memutuskan untuk memberikan kemenangan kepada Teofimo Lopez atas Vasyl Lomachenko lewat keputusan unanimous decision.

Hasil ini membuat Teofimo Lopez berhasil merebut dan menjadi petinju termuda peraih empat sabuk gelar juara dunia kelas ringan IBF, WBA, WBC, dan WBO serta memperpanjang rekornya menjadi 16-0-0. Sementara Vasyl Lomachenko harus puas dengan catatan 14-2-0.