Erick Thohir Puji Panitia Penyelenggara Test Event Asian Games Basket 3x3

Sabtu, 2 Desember 2017 12:33 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT/Abdurrahman.R
Ketua INASGOC Erick Thohir saat membuka test event Basket 3x3. Copyright: © INDOSPORT/Abdurrahman.R
Ketua INASGOC Erick Thohir saat membuka test event Basket 3x3.

Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASOC) Erick Tohir memuji kinerja panitia test event cabor Basket 3x3. Pujian itu disampaikan usai membuka secara resmi Asia Challenge 2017, Jumat (1/12/17). 

Erick Tohir datang menyaksikan pertandingan tim putra Indonesia melawan Sri Lanka yang dimenangkan Indonesia. Sekaligus membuka secara resmi test event Asian Games cabor Basket 3x3 yang bertajuk Asia Challenge 2017. 

Erick Tohir menyampaikan beberapa hal mengenai test event tersebut. "Ini momen penting, karena test event basket 3x3 di competition venue GBK merupakan yang perdana dilakukan. Ini menandakan kesiapan dari semua bidang yang terlibat. Saya mengapresiasi banyak pihak, PUPR dan juga PPKGBK yang memungkinkan test event ini bisa berlangsung disini. Apalagi test event ini juga dilihat perwakilan OCA dan technical delegate dari FIBA Asia, sehingga semakin komplet penilaian atas kesiapan Indonesia," ucap Erick Thohir usai membuka secara resmi test event itu, Jumat (1/12/17).

Selain itu Erick Thohir juga memuji keputusan panitia melakukan simulasi aturan TV Time Out. Meskipun pertandingan tidak disiarkan secara langsung di televisi. "Jika saya lihat, atmosfirnya sudah mendekati Games Time. Bahkan, ada simulasi break untuk kepentingan broadcast berupa iklan komersial jika nanti saat siaran langsung. Meskipun sebenarnya tidak perlu dilakukan dalam test event, karena tidak disiarkan langsung," tambahnya.

© INDOSPORT/Abdurrahman.R
Ketua INASGOC Erick Thohir saat membuka test event Basket 3x3. Copyright: INDOSPORT/Abdurrahman.RKetua INASGOC Erick Thohir usai membuka test event Basket 3x3.

Sekedar informasi TV Time Out merupakan aturan yang akan dipakai di Asian Games 2018 mendatang untuk cabang olahraga basket 3x3. Dalam pertandingan yang berlangsung selama 10 menit akan ada 2 TV Time Out yang akan diterapkan di antara menit ke 3-4 dan menit ke 6-7 pertandingan. TV Time Out tersebut diberikan perangkat pertandingan, diluar jatah time out yang dimiliki masing-masing tim yang bertanding. 

Namun ada satu hal yang masih mendapat sorotan dari Ketua INASGOC Erick Thohir, yaitu akses menuju venue yang masih berantakan. "Saya liat akses menuju ke venue (center court GBK) masih belum selesai ya. Saya juga tadi sedikit kaget. Tapi itu bukan tanggung jawab panitia penyelenggara test event Basket 3x3. Saya yakin  bisa dibenahi dalam waktu tersisa," ujarnya. 

© INDOSPORT/Abdurrahman.R
Ketua INASGOC Erick Thohir saat membuka test event Basket 3x3. Copyright: INDOSPORT/Abdurrahman.RKetua INASGOC Erick Thohir saat membuka test event Basket 3x3.

Memang dari pantauan INDOSPORT, akses masuk ke Center Court GBK masih belum selesai. Masih terdapat galian-galian kabel yang belum selesai dan belum ditutup. Terlebih lagi hujan yang mengguyur Jakarta sehari sebelumnya membuat jalanan menjadi becek dan terdapat genangan air. Bahkan Erick Thohir harus diangkut panitia ke dalam venue menggunakan sepeda motor karena mobilnya kesulitan untuk masuk.