x

Prediksi Ranking BWF Penuh Kejutan! Ganda Putri China Lengser, Ahsan/Hendra Makin Rawan

Senin, 3 Oktober 2022 15:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Prediksi ranking BWF pebulutangkis dunia penuh kejutan. Pekan ini, ganda putri China, Chen Qingchen/Jia Yifan lengser dari takhta sedangkan Daddies kian rawan.

INDOSPORT.COM – Prediksi ranking BWF terbaru bakal penuh kejutan. Pekan ini, ganda putri China, Chen Qingchen/Jia Yifan lengser dari takhta sementara posisi ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan semakin rawan tergusur.

Per Selasa (04/10/22) besok, BWF akan menghapus poin ranking dunia mulai pekan ke-48 hingga pekan ke-51 pada tahun 2019. Penghapusan poin ini menciptakan beberapa kejutan.

Baca Juga

Dimulai dengan lengsernya pasangan ganda putri asal China, Chen Qingchen/Jia Yifan setelah selama 96 pekan mampu mempertahankan takhtanya di posisi nomor 1 dunia, melansir dari Badminton_Talk di Instagram. 

Ada pun Chen Qingchen/Jia Yifan harus lengser dari posisi tersebut karena digusur oleh pasangan asal Korea, Kim So-yeong/Kong Hee Yong.

Kim So Yeong/Kong Hee Yong berhasil mencapai ranking  dunia pekan ini, yang merupakan ranking tertinggi dalam karier mereka sejak dipasangkan.

Baca Juga

Sejatinya, lengsernya Chen Qingchen/Jia Yifan sudah bisa diprediksi lantaran selama setahun lebih sejak pandemi COVID-19 mereka sempat absen.

All England 2020 jadi turnamen terakhir yang mereka mainkan sebelum absen karena pandemi, dan kemudian baru comeback di ajang Olimpiade Tokyo 2022 pada Agustus 2021.

Di saat yang bersamaan, Kim So Yeong/Kong Hee Yong, di sepanjang tahun 2021 mengikuti berbagai turnamen bergengsi, termasuk menjuarai ajang Thailand Open II.

Baca Juga

Selain itu, mereka beberapa kali keluar sebagai runner-up, di ajang BWF World Tour Finals 2020, French Open 2021, BWF World Tour Finals, dan Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021.

Sementara tahun ini, pasangan ini berhasil memenangkan Korea Masters 2022, dan meraih gelar runner-up di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.


1. Loh Kean Yew 'Kankangi' Momota dan Ginting, Daddies Was-was

Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan di Japan Open 2022. Foto: PBSI

Ranking BWF pekan ini juga akan dikejutkan dengan pencapaian terbaik tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew, yang akan jadi nomor 5 dunia, naik dua anak tangga dari posisinya di pekan sebelumnya.

Member ‘Padepokan Dubai’ milik Viktor Axelsen tersebut memang menunjukkan performa konsisten dalam dua tahun terakhir, terutama sejak memenangkan emas Kejuaraan Dunia 2021.

Baca Juga

Naiknya Loh Kean Yew ke ranking 5 dunia secara otomatis melompati posisi tunggal putra andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting (6) dan Kento Momota (5) dari Jepang.

Dengan posisi ini, Loh Kean Yews berada persis di belakang Chou Tien Chen (Chinese Taipei), Lee Zii Jia (Malaysia), Anders Antonsen (Denmark, dan sang raja Viktor Axelsen.

Kejutan lain di ranking dunia BWF juga terjadi di sektor ganda putra. Sang Juara Dunia asal Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik berhasil naik satu anak tangga ke peringkat 4 dunia.

Baca Juga

Dengan hal ini, maka Aaron Chia/Soh Wooi Yik dipastikan bakal menggusur posisi Daddies – julukan ganda putra senior Indonesia Hendra Setiawan/Mohammmad Ahsan.

Bukan hanya itu saja, posisi Hendra/Ahsan semakin rawan terpental dari lima besar jika mereka gagal memenangkan gelar juara di sisa musim 2022.

Masalahnya, dalam ranking BWF terbaru pekan depan bakal menjadikan posisi Ahsan/Hendra berada tepat di depan rekan sekompatriotnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Baca Juga

Sementara pasangan Fajar/Rian belakangan memang menunjukkan performa yang sangat apik. Di antaranya, mereka memenangkan tiga gelar juara dan empat runner-up.

Sekedar informasi, para pebulutangkis dunia akan bersiap menjalani Tur Eropa. Dimulai Denmark Open (18-23 Oktober 2022), France Open (25-30 Oktober 2022), dan Hylo Open (1-6 November 2022). 


2. Ramalan Media China soal Ganda Putra Indonesia

Peraih medali perunggu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan runner upMohammad Ahsan/Hendra Setiawan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Sebuah media di China baru-baru ini meramalkan persaingan para pebulu tangkis dunia di sisa musim 2022. Ganda putra Indonesia paling mendapatkan sorotan menyusul dominasi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

BWF World Tour 2022 telah melangsungkan 17 turnamen, selain dua event yang dibatalkan yakni Spain Masters dan Japan Masters.

Selain itu, ada juga turnamen bergengsi lainnya seperti Badminton Asia Championships, Kejuaraan Eropa, serta Piala Thomas dan Piala Uber.

Media China, Aiyuke, menerbitkan artikel pada Senin (19/09/22) yang memperhitungkan rating kemenangan dari lima sektor berbeda, tunggal putra dan putri, ganda putra dan putra dan ganda campuran.

Khususnya ganda putra, media tersebut menyoroti rivalitas di Indonesia di mana tiga pasangan andalannya saat ini menduduki ranking 10 besar dunia. B

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon diketahui baru saja lengser dari posisi no.1 dunia setelah bertakhta selama lima tahun, digusur oleh pasangan Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Kemudian ada pasangan gaek Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang saat ini menduduki posisi 4 dunia, serta Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang menduduki posisi ke-6 dunia.
 

Baca selengkapnya: Media China Ramal Ganda Putra Indonesia: Fajar/Rian Gusur Minions, Daddies Punya Penerus Baru

BWFMohammad Ahsan/Hendra SetiawanBulutangkisAaron Chia/Soh Wooi YikKim So-yeong/Kong Hee-yongBerita BulutangkisChen Qingchen/Jia YifanLoh Kean Yew

Berita Terkini