x

Nasib si Kaya PV Sindhu dan sang Ratu Saina Nehwal di India Open 2023: Bak Bumi dan Langit!

Rabu, 18 Januari 2023 14:56 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
PV Sindhu dan Saina Nehwal mengalami nasib berbeda di India Open 2023. Foto: VCG/VCG via Getty Images.

INDOSPORT.COM – Nasib dua tunggal putri tuan rumah, PV Sindhu dan Saina Nehwal, bak bumi dan langit saat mengawali perburuan gelar juara di India Open 2023.

PV Sindhu dan Saina Nehwal jadi andalan tuan rumah di India Open 2023 pada sektor tunggal putri. Mereka memainkan laga perdana ajang BWF World Tour Super 750 pada Selasa (17/01/23) kemarin.

Sindhu berhadapan dengan wakil Thailand, Supanida Katethong. Sementara itu, Saina Nehwal berhadapan dengan wakil Denmark, Mia Blichfeldt. Kedua duel ini jelas jadi sorotan publik tuan rumah.

Sayangnya, hasil yang diraih Sindhu dan Nehwal di babak pertama India Open 2023 bertolak belakang. Mirisnya, justru Sindhu yang menelan kekalahan tragis di pertandingan kemarin.

PV Sindhu yang dijuluki ratu bulutangkis terkaya sejagat tersingkir mengenaskan usai dihabisi Supanida Katethong dalam dua gim langsung.

Baca Juga

Bertanding di K. D. Jadhav Indoor Hall, New Delhi, Sindhu keteteran meladeni permainan ciamik Supanida. Padahal, dia sudah mengerahkan kemampuan terbaiknya di laga ini.

Sindhu tertinggal jauh meski sudah memberi perlawanan. Hasilnya, dia kalah di gim pertama 14-21.

Sindhu mencoba bangkit di gim kedua dengan serangan bertubi-tubi kea rah Supanida. Namun Supanida mampu mengimbangi sebelum merebut gim kedua dengan kemenangan 22-20.

Baca Juga

Hasil ini membuat PV Sindhu gagal membalaskan dendamnya terhadap Supanida yang pernah mengalahkannya di India Open 2022 silam.

Kekalahan Sindhu ini menjadi kejutan tersendiri. Pasalnya, sang pemain berstatus unggulan kelima dan diharapkan bisa mempersembahkan gelar juara di negara asalnya.

Hasil ini juga tak memperbaiki raihan yang dicapai pemenang medali emas Commonwealth Games 2022 saat beraksi di Malaysia Open 2023 pekan kemarin.

Sindhu juga kalah di babak pertama ajang Super 1000 itu usai ditaklukkan rival sengitnya dari Spanyol, Carolina Marin, secara rubber game 12-21, 21-10, dan 15-21.

Baca Juga

1. Bagaimana dengan Saina Nehwal?

PV Sindhu dan Saina Nehwal mengalami nasib berbeda di India Open 2023. Foto: Shi Tang/Getty Images.

Bertolak belakang dengan raihan PV Sindhu, Saina Nehwal justru meraih kemenangan mengesankan di laga pembuka turnamen India Open 2023.

Bertanding di venue yang sama, pemenang perunggu Olimpiade London 2012 tersebut mampu mengatasi perlawanan Mia Blichfeldt dengan skor 21-17, 12-21, dan 21-19.

Bagi Saina Nehwal, ini menjadi kemenangan yang cukup langka karena istri Parupali Kashyap tersebut menelan lima kekalahan beruntun di babak pertama.

Sebelumnya, Saina Nehwal juga berhasil membekuk unggulan China, He Bing Jiao, di Singapore Open di bulan Juli lalu.

Saina Nehwal sendiri dulunya menyita perhatian India setelah melakukan beberapa gebrakan di lapangan bulutangkis. Termasuk tiga kali tampil di Olimpiade.

Baca Juga

Dinilai sebagai atlet yang berhasil meningkatkan popularitas bulutangkis India, Saina Nehwal diganjar penghargaan Padma Bhushan oleh pemerintah pada 2016.

“Senang rasanya saya memenangkan sesuatu (di India Open 2023)!” kata Nehwal dilansir dari laman resmi BWF.

“Saya sudah lama mengincar kemenangan. Sempat tidak percaya diri. Saya senang saya bermain tanpa masalah lutut setelah menjalani pemulihan dua-tiba bulan terakhir,” sambung Saina.

Baca Juga

“Hari ini, saya dapat melihat bahwa stamina saya mulai terlatih, saya juga melatih permainan pukulan saya secara keseluruhan. Dan semuanya berjalan cukup baik,” terangnya.

Lolos ke babak 16 besar India Open 2023, Saina Nehwal akan menantang unggulan ketiga asal China, Chen Yu Fei, di laga yang akan berlangsung Kamis (19/01/23).

Selain Saina Nehwal, India masih memiliki satu wakil tersisa di sektor tunggal putri yakni Aarkarshi Kashyap yang akan menghadapi Beiwen Zhang untuk membuka kiprahnya di India Open 2023 hari ini, Rabu (18/01/23).

Baca Juga
IndiaSaina NehwalPV. SindhuBulutangkisIndia OpenBerita BulutangkisBWF World Tour

Berita Terkini