x

Turun Kasta! Eks Juara Dunia Zhang Nan Comeback di China Masters, Siap Saingi Rayhan/Rahmat

Sabtu, 11 Februari 2023 16:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Mantan juara dunia, Zhang Nan, memastikan comeback di ajang China Masters 2023 dan menjadi pesaing berat ganda putra Indonesia, Rayhan/Rahmat.

INDOSPORT.COM – Mantan juara dunia, Zhang Nan, memastikan comeback di ajang China Masters 2023. Sebuah ancaman serius bagi satu-satunya wakil Indonesia di ganda putra, Rahmat Hidayat/Muhammad Rayhan Nur Fadillah.

Bintang ganda putra, Zhang Nan, sempat menghilang setelah memutuskan keluar dari tim nasional China pada Agustus 2022 kemarin.

Kala itu, eks partner Liu Cheng menepis rumor akan pensiun dengan mengumumkan akan beralih sebagai pemain independen.

Lima bulan tanpa kabar, kini Zhang Nan berencana comeback. Ruichang China Masters 2023 Super 100 akan menjadi menandai kembalinya mantan Juara Dunia 207 tersebut.

Hal ini dipastikan melalui cuitan dewan BWF asal Indonesia, Bambang Rudyanto melalui Twitter, yang mengabarkan bahwa  Zhang Nan akan tampil di ajang tersebut.

Baca Juga

Bambang Rudyanto menampilkan daftar pemain ganda putra sekaligus seeding yang dirilis BWF untuk turnamen yang akan dilangsungkan pada 14-19 Maret 2023 mendatang.

Dalam daftar tersebut diketahui Zhang Nan menggandeng Huang Jia Wei sebagai pasangannya. Zhang Nan/Huang Jia Wei terdaftar sebagai pasangan unggulan ke-12.

Baca Juga

Zhang Nan/Huang Jia Wei hanya berbeda dua tingkat dari satu-satunya ganda putra Indonesia yang dikirim di Ruichang China Masters 2023, yakni Rahmat Hidayat/Muhammad Rayhan Nur Fadillah.

China Masters 2023 menjadi turnamen pertama yang dihadiri Zhang Nan sejak penampilan terakhirnya di ajang Korea Masters pada April 2022 lalu.

Kala itu, Zhang Nan yang berpasangan dengan Liu Cheng langsung kandas di babak pertama usai dikalahkan pasangan tuan rumah, Kim Jae-hyeon/Lee Yong-dae.

Bukan hanya itu, penampilannya di China Masters 2023 membuktikan bahwa Zhang nan belum mengubur mimpinya untuk terus berprestasi di dunia tepok bulu meski bukan di level elite.

Baca Juga

1. Zhang Nan, Bukti PBSI-nya China Tak ‘Se-Angker’ Dulu

Mantan kepala pelatih bulutangkis China, Li Yongbo, bersama Fu Haifeng dan Zhang Nan di Olimpiade Rio 2016.

Zhang Nan memang pernah mengalami masa kejayaannya satu dekade silam. Tidak hanya berprestasi di ganda putra, dia juga bermain rangkap di sektor ganda campuran.

Dia adalah penyabet beragam gelar, termasuk 4 medali Olimpiade. Zhang Nan pernah menyabet emas Olimpiade London 2012 bersam Zhao Yunlei di ganda campuran.

Selain itu dia juga menyabet emas Olimpiade Rio 2016 bersama Fu Haifeng di ganda putra, serta perunggu bersama Zhao Yunlei di ganda campuran.

Tampilnya Zhang Nan bersama Huang Jia Wei di Ruichang China Masters 2023 sendiri menunjukkan bahwa regulasi Asosiasi Bulutangkis China tidaklah seketat dulu.

Sebelumnya, pelatnas China bahkan melarang pemain yang beralih independen bermain di turnamen setelah mereka meninggalkan tim nasional.

Baca Juga

Namun demikian, bersaing di level internasional sebagai pemain independen saat ini sangat umum terjadi, contohnya Malaysia. Misalnya, Lee Zii Jia dan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Indonesia pun agaknya juga menerapkan tradisi serupa, misalnya dua ganda campuran PB Djarum eks pelatnas PBSI, Praveen Jordan/Melati Daeva dan Gloria Emanuelle Widjaja yang kini menggandeng Dejan Ferdinansyah.

Ada pun China Masters 2023 sendiri dulunya dikenal sebagai China Asia Satellite pada 2001, China International Challenge pada 2014-2017 dan Lingshui China Masters pada 2018-2019.

Baca Juga

Setelah vakum selama 3 tahun karena Corona melanda daratan China, makan pada 2023 turnamen ini berpindah ke Ruichang, Provinsi Jiangxi. 

Dari 35 gelar sepanjang sejarah, China menyapu 26 gelar diantaranya. Indonesia sendiri hanya meraih 1 gelar juara pada tahun 2017 yang diraih Muhammad Ahsan/Rian Agung Saputro. 

Menarik dinantikan, apakah Rayhan/Rahmat bisa mengulangi kesuksesan pendahulunya tersebut untuk meraih gelar China Masters 2023 meski bakal dihadang Zhang Nan dan mitra barunya Huang Jia Wei.

Baca Juga
ChinaFu Haifeng/Zhang NanBulutangkisBerita BulutangkisAsosiasi Bulutangkis China (CBA)Muhammad Rayhan Nur Fadillah/Rahmat Hidayat

Berita Terkini