x

Ternyata! Kejar Quadruple, Jurgen Klopp Libatkan Sepertiga Pemain Liverpool yang Masih 'Hijau'

Minggu, 22 Mei 2022 16:42 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Jurgen Klopp bawa Liverpool membidik quadruple musim ini. Foto: Shaun Botterill/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Jurgen Klopp selama ini dikenal sebagai pelatih yang tidak enggan maupun ‘pelit’ memberi menit bermain untuk para talenta muda Liverpool.

Tidak mengherankan memang, mengingat Liverpool memang memiliki sederet wonderkid maupun para pemain remaja yang penuh potensi.

Baca Juga

Produk-produk akademi mereka pun juga tidak kalah hebat dari pemain muda binaan liga luar negeri yang diimpor ke Inggris.

Trent Alexander-Arnold adalah contoh paling mudah untuk kasus ini. Ia adalah ‘anak lama’ di kubu The Reds yang mentas salah satunya berkat didikan asisten Jurgen Klopp, Pepijn Lijnders.

Masa-masanya di akademi pun dihabiskan untuk menimba pengalaman berharga sebagai gelandang yang kemudian bertransformasi menjadi bek kanan, peran yang diembannya saat ini di tim utama.

Baca Juga

Selain Trent Alexander-Arnold, Liverpool pun membuka pintu selebar-lebarnya bagi para pemain muda mereka untuk berkembang.

Tidak jarang, beberapa di antara mereka diundang berlatih bersama tim utama atau berpartisipasi di agenda pramusim.

Namun ada satu hal menarik di balik eksistensi pemain muda Liverpool musim ini. Seperti diwartakan Rousing the Kop dan data Transfermarkt, Jurgen Klopp sudah mengeluarkan setidaknya 45 pemain untuk daftar timnya pada 2021-2022.

Baca Juga

Dan dari 45 nama tersebut, setidaknya 15 di antaranya adalah pemain remaja dengan range usia 17 hingga 19 tahunan macam Harvey Elliott dan Tyler Morton.

Masih dalam laporan yang sama, dua nama di atas bahkan memegang rekor sebagai pemain remaja paling sering dipakai Jurgen Klopp dalam perjalanannya bersama Liverpool musim ini.


1. Geliat Para Pemain Muda Liverpool

Harvey Elliott, salah satu pemain muda Liverpool yang paling menggeliat musim ini. Foto: Reuters/Lee Smith.

Harvey Elliott sendiri sudah bukan nama baru di jajaran pemain Liverpool senior. Sejauh ini, ia sudah bermain di 20 pertandingan tim utama, mencetak 1 gol dan 2 assist.

Di level U-23 pun ia tampil cukup impresif dengan catatan 15 pertandingan, 3 gol, dan 5 assist. Di CV-nya pun, bintang masa depan Timnas Inggris ini juga telah menggondol tiga gelar prestisus bersama Liverpool.

Baca Juga

Ia telah menggondol trofi Piala Dunia Antarklub, Piala Liga Inggris, dan Piala Super Eropa bersama tim utama The Reds, namun tidak mendapat medali Premier League karena jumlah laga yang dimainkannya di ajang ini tidak mencapai angka minimum.

Meski dihantui cedera, Harvey Elliott diketahi menyodok masuk skuat Jurgen Klopp musim ini usai tampil produktif di Blackburn Rovers.

Di klub yang bermarkas di Ewood Park itu, ia menyumbang 7 gol dan 11 assist dari 42 laga di semua kompetisi.

Baca Juga

Selain Harvey Elliott, Jurgen Klopp juga punya sejumlah pemain remaja yang turut andil dalam upaya mereka meraih banyak gelar musim ini.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, ada sosok Tyler Morton, yang pertama kali debut di Carabao Cup melawan Norwich City.

Lalu ada pula Conor Bradley bocah Irlandia Utara berusia 18 tahun yang memecahkan rekor sebagai pemain pertama yang bermain untuk Liverpool di kompetisi besar sejak era 1950-an.

Baca Juga

Kaide Gordon juga layak mendapat perhatian lebih musim ini usai dilabeli sebagai calon penerus Mohamed Salah di Liverpool.

Selain itu, penampilannya di kejuaraan domestik juga dibarengi gelar pencetak gol termuda sepanjang sejarah klub, tepatnya kala membela Liverpool di putaran tiga Piala FA kontra Shrewsbury.

 

2. Pemain Muda Turut Ambil Bagian Musim Ini

Harvey Elliott, salah satu pemain muda Liverpool yang paling menggeliat musim ini. Foto: Reuters/Lee Smith.

Jika berbicara tentang para pemain muda Liverpool yang turut ambil bagian dalam perjuangan The Reds musim ini, nampaknya tidak akan habis dibahas dalam sekali duduk.

Bukan hanya nama-nama di atas, sederet bintang remaja The Reds lainnya juga tidak kalah potensial seperti Jarell Quansah, Owen Beck, Jack Norris, dan masih banyak lagi.

Baca Juga

Akan tetapi, ada kemungkinan besar mereka akan ditransfer keluar klub sebagai pemain pinjaman demi menambah ilmu dan pengalaman yang lebih baik.

Liverpool Buru Quadruple

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Liverpool asuhan Jurgen Klopp memang sedang on fire pada musim 2021-2022 ini.

Gelar Carabao Cup dan Piala FA sudah di tangan, kini mereka pun fokus dengan perburuan trofi Liga Champions yang akan berakhir pada 29 Mei nanti.

Baca Juga

Namun untuk mendapatkannya tentu bukan hal mudah apalagi lawan yang akan dihadapi adalah tim sekelas Real Madrid.

Di sisi lain, sampai berita ini ditulis, Liverpool masih harap-harap cemas menanti hasil akhir kompetisi Liga Inggris.

Mereka berada di ambang juara bersama Manchester City, yang sayangnya lebih unggul satu poin di klasemen.

Baca Juga

Liverpool sendiri dijadwalkan berjumpa Wolverhampton Wanderers di partai ke-38 Liga Inggris, pada Minggu (22/05/22) malam.

Sementara itu, Manchester City bakal bersua Aston Villa yang saat ini ditangani legenda Liverpoo, Steven Gerrard.

LiverpoolJurgen KloppLiga InggrisWonderkidBerita Liga InggrisOne Football

Berita Terkini