x

Bedah Formasi AS Roma dengan Kedatangan Gareth Bale dan Duo Bintang Manchester United

Minggu, 12 Juni 2022 11:55 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Berikut proyeksi formasi AS Roma jika sukses daratkan Gareth Bale dan duo Man United, Nemanja Matic dan Donny van de Beek di bursa transfer musim panas.

INDOSPORT.COM – Berikut proyeksi formasi AS Roma jika sukses daratkan Gareth Bale dan duo Man United, Nemanja Matic dan Donny van de Beek di bursa transfer musim panas.

Sukses menjuarai UEFA Conference League musim 2021/2022 sekaligus menjadi tim pertama yang memenangi kejuaraan tersebut, AS Roma langsung menatap musim depan. Sejumlah nama santer dikaitkan untuk diboyong sang pelatih Jose Mourinho di bursa transfer musim panas nanti.

Baca Juga

Selain demi menambah kekuatan skuat, Giallorossi memang perlu bergerak aktif di bursa transfer musim panas karena terancam kehilangan sejumlah pemain pilar seperti Henrikh Mkhitaryan dan Nicolo Zaniolo.

Giallorossi sendiri disebut tinggal selangkah lagi memboyong pemain baru dalam diri Nemanja Matic. Gelandang Serbia itu sudah dilepas oleh Manchester United dan akan menjalani tes medis pada Senin waktu setempat.

Di luar Nemanja Matic, ada satu nama lagi dari Manchester United yang juga dikaitkan dengan AS Roma. Sosok yang dimaksud adalah gelandang asal Belanda, Donny van de Beek.

Baca Juga

Tampil jeblok dan sempat dipinjamkan ke Everton, van de Beek diyakini bakal kembali ke tim utama Manchester United seiring kedatangan mantan pelatihnya di Ajax, Erik ten Hag. Namun, Corriere della Serra menyebut Donny van de Beek justru menawarkan dirinya ke kubu AS Roma.

Seusai dikaitkan dengan duo Manchester United itu, kabar menarik pun kembali datang dari AS Roma. Dilansir Football Italia, Jose Mourinho tertarik memboyong Gareth Bale dengan sang juru taktik bahkan sudah menghubungi pemain Wales itu secara langsung.

Seperti diketahui, Bale sudah dipastikan meninggalkan Real Madrid seiring kontraknya yang habis 30 Juni 2022, dengan pihak Los Blancos sudah mengumumkan pelepasannya. Situasi ini membuat Bale bisa diboyong gratis sebagai pemain bebas transfer.

Baca Juga

Meski tak pernah bekerja sama di Real Madrid, Jose Mourinho dan Gareth Bale pernah bekerja sama di Tottenham musim 2020/2021 di mana Bale mencetak 10 gol dari 27 di bawah asuhan Mourinho.

Lantas, bakal seperti apa formasi AS Roma besutan Jose Mourinho jika sukses mendatangkan Gareth Bale dan duo MU Nemanja Matic dan Donny van de Beek? Berikut ulasannya:


1. Lini Belakang

Selebrasi pemain AS Roma usai Chris Smalling mencetak gol ke gawang Torino

Meski sempat menggunakan pola 4 bek, Jose Mourinho pada akhirnya lebih banyak menggunakan berbagai variasi pola 3 bek di AS Roma, mulai dari 3-4-2-1, 3-4-1-2, hingga 3-5-2. Hal ini pun diyakini akan terus dilakukan pada musim 2022/2023 nanti.

Di pos penjaga gawang, diyakini tidak akan ada perubahan berarti dengan tempat utama tetap akan menjadi miliki kompatriot Mourinho, Rui Patricio.

Baca Juga

Meski sudah berusia 34 tahun dan baru pertama kali bermain di Liga Italia, Patrico tampil cukup baik musim lalu dengan 22 cleansheet dan kebobolan 60 gol dari 54 pertandingan. Tak hanya itu, kehadirannya memberikan ketenangan dan kepemimpinan di lini pertahanan.

Sementara itu di pos trio bek tengah, peluang perubahan juga terbilang minim kecuali ada nama baru yang datang atau nama lama yang pergi.

Dengan situasi itu, maka pos trio bek tengah kemungkinan akan diisi oleh Gianluca Mancini, Chris Smalling, dan Roger Ibanez.

Baca Juga

Trio ini menjadi komposisi trio bek tengah yang paling sering dimainkan bersama oleh Mourinho, khususnya di paruh kedua musim.

Roger Ibanez sendiri memuncaki rataan intersep per laga di skuat AS Roma (1,8 intersep per laga), sedangkan Smalling memuncaki rataan clearance per laga (3,3 clearance per laga).

Di pos wing back kanan, Rick Karsdorp akan mempertahankan posisinya di tim utama. Musim lalu pemain Belanda itu tampil cukup baik dan mencatatkan 51 penampilan dengan sumbangan 7 assist.

Baca Juga

Sementara itu, pulihnya Leonardo Spinazzola membuat pos di sisi seberang lapangan yakni wing back kiri akan kembali ke pelukan pemain timnas Italia itu.

Nicola Zalewski, yang di bulan-bulan terakhir musim lalu jadi andalan Mourinho seiring buruknya kinerja Matias Vina, akan berperan sebagai pelapis Spinazzola.

 

2. Lini Tengah dan Depan

Gareth Bale di laga Real Madrid vs Getafe, Minggu (10/04/22). Foto: REUTERS/Javier Barbancho.

Di pos gelandang tengah, dari 2 tempat yang tersedia, salah satunya akan menjadi milik wakil kapten Bryan Cristante.

Cristante menjadi sosok yang tak tergusur dari lini tengah dengan 49 penampilan musim lalu alias hanya absen 5 kali sepanjang musim.

Baca Juga

Sementara itu, seiring potensi kepergian Henrikh Mkhitaryan yang di akhir musim lalu dipilih Mourinho sebagai partner utama Cristante, dan ketidakpuasan sang pelatih pada kinerja Jorda Veretout dan Sergio Oliveira, maka pos tersebut akan menjadi rebutan Nemanja Matic dan Donny van de Beek.

Keduanya memiliki gaya permainan yang cukup berbeda dengan van de Beek memiliki kualitas ofensif yang lebih baik sedangkan Matic unggul di aspek defensif. Dengan demikian, keduanya bisa diturunkan bergantian oleh Jose Mourinho tergantung dengan kebutuhan dan strategi yang diterapkan.

Maju ke pos 2 gelandang serang, satu tempat di sisi kiri akan menjadi milik sang kapten tim, Lorenzo Pellegrini.

Baca Juga

Musim lalu, Pellegrini menjadi motor serangan AS Roma dengan torehan 14 gol dan 8 assist yang merupakan catatan terbaiknya bersama Giallorossi. Tak hanya itu, ia juga eksekutor bola mati yang bagus, seperti ketika mencetak gol dari tendangan bebas saat melawan Lazio.

Satu pos lainnya akan menjadi miliki Gareth Bale jika Mourinho bisa membujuknya datang ke Olimpico. Berbekal kecepatan dan olah bola mumpuni, serta kemampuan mencetak gol dan assist yang sama baiknya, Bale bisa menjadi senjata baru nan mematikan bagi AS Roma.

Maju lagi ke pos penyerang tengah, Tammy Abraham menjadi pilihan mutlak setelah musim lalu tampil spektakuler dengan 27 gol dari 53 laga meski baru pertama kali bermain di luar Inggris.

Baca Juga

Mourinho juga bisa memainkan pola 3-4-1-2 dengan mendorong Bale menjadi penyerang berduet dengan Abraham, sementara Pellegrini berperan sebagai gelandang nomor 10.

AS Roma XI: Patricio; Mancini, Smalling, Ibanez; Karsdorp, Cristante, Matic/van de Beek, Spinazzola; Bale, Pellegrini; Abraham.

Manchester UnitedGareth BaleJose MourinhoAS RomaNemanja MaticLiga ItaliaTRIVIADonny van de BeekBerita Liga ItaliaOne Football

Berita Terkini