x

Profil Tim Piala Dunia 2022: Kroasia, Tim Penuh Kejutan yang Digendong Luka Modric

Rabu, 9 November 2022 13:45 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
Berikut profil tim Piala Dunia 2022, Kroasia, negara penuh kejutan yang kerap dihentikan Prancis. (Foto: REUTERS/Antonio Bronic)

INDOSPORT.COM – Berikut profil tim Piala Dunia 2022, Kroasia, negara penuh kejutan yang kerap dihentikan Prancis.

Sebagai tim pecahan Yugoslavia, Kroasia dikenal memiliki prestasi mentereng dalam kompetisi Piala Dunia, mulai dari kali pertama pada 1998 lalu.

Kroasia bahkan langsung meraih peringkat ketiga Piala Dunia 1998 di Prancis, mengingat kala itu merupakan kali pertama mereka turun dalam kompetisi empat tahunan tersebut.

Kala itu, Vatreni mengandalkan bintang-bintang sepak bola Eropa, seperti Zvonmir Boban, Slaven Blilic, Robert Prosinecki, hingga sang penyerang andalan, Davor Suker yang mampu menyabet sepatu emas dengan jumlah lima gol.

Hanya saja, penampilan hebat Kroasia kala itu terhenti di tangan tuan rumah, Prancis yang mampu mengalahkan mereka di semifinal.

Baca Juga

Selepas performa hebat di Prancis pada tahun 1998, Kroasia sempat menurun dalam dua edisi Piala Dunia, yaitu 2002 dan 2006 di mana mereka hanya dapat mencapai penyisihan grup.

Bahkan, Kroasia sempat tak turut serta dalam gelaran Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan yang kemudian membuat nama mereka tenggelam.

Baca Juga

Setelah gagal lolos penyisihan grup di Piala Dunia 2014, kejutan mampu diberikan Luka Modric dkk di Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia.

Kroasia mampu memberikan kejutan dengan mengandalkan sejumlah bintang, seperti Ivan Perisic, Ivan Rakitic, dan Mario Mandzukic. Akan tetapi, ledakan Kroasia terhenti di final dan lagi-lagi lawannya adalah Prancis yang menyabet trofi Piala Dunia 2018.

Kini, dengan sisa-sisa generasi emas Piala Dunia 2018 dan Luka Modric yang menua, Kroasia diharapkan bisa kembali mengejutkan di Piala Dunia 2022 nanti.

Baca Juga

1. Perkiraan Formasi dan Starting XI

Pemain Kroasia Andrej Kramaric merayakan gol pertama mereka dengan rekan satu timnya REUTERS-Antonio Bronic

Seperti diketahui, Kroasia hingga kini masih dilatih oleh Zlatko Dalic, juru taktik yang membawa mereka terbang tinggi di Piala Dunia 2018.

Kendati demikian, Perubahan besar dilakukan oleh Zlatko Dalic di daftar 55 pemain yang dipanggil, karena beberapa pemain yang pensiun dan mundur dari timnas Kroasia.

Sebut saja gelandang Sevilla, Ivan Rakitic yang pensiun dan penyerang AC Milan, Ante Rebic, yang memilih mundur karena perselisihan dengan sang juru taktik.

Meskipun demikian, dengan beberapa bintang tersisa, Zlatko Dalic diharapkan bisa mengangkat performa timnas Kroasia di Piala Dunia 2022.

Luka Modric masih akan jadi poros tim dibantu dengan beberapa pemain top, seperti Marcelo Brozovic (Inter Milan), Mateo Kovacic (Chelsea), hingga Ivan Perisic (Tottenham Hotspur).

Prediksi Starting XI

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Josip Stanisic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Barisic; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Nikola Vlasic, Ante Budimir, Ivan Perisic

Berikut Daftar Skuad Timnas Kroasia untuk Piala Dunia 2022

Baca Juga

Kiper: Dominik Livakovic, Ivica Ivusic, Ivo Grbic

Bek: Dejan Lovren, Domagoj Vida, Borna Barisic, Josip Juranovic, Borna Sosa, Josip Stanisic, Martin Erlic, Josip Sutalo, Josko Gvardiol.

Baca Juga

Gelandang: Luka Modric, Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic, Mario Pasalic, Nikola Vlasic, Lovro Majer, Kristijan Jakic, Luka Sucic.

Penyerang: Ivan Perisic, Andrej Kramaric, Bruno Petkovic, Mislav Orsic, Ante Budimir, Marko Livaja.

Baca Juga

2. Player to Watch

Pemain Kroasia Andrej Kramaric merayakan gol pertama mereka dengan rekan satu timnya REUTERS-Antonio Bronic

Luka Modric

Luka Modric menjadi poros bagi timnas Kroasia yang pada Piala Dunia 2022 kali ini kehilangan Ivan Rakitic yang memutuskan untuk pensiun.

Namun demikian, Modric akan didukung oleh dua gelandang top lainnya, yaitu Marcelo Brozovic sang perusak serangan dan Mateo Kovacic sebagai box to box.

Meskipun usianya sudah mencapai 37 tahun, Modric tak menunjukkan penurunan permainan dengan catatan 3 gol dan 2 assist untuk Real Madrid.

Kondisi ini membuat pelatih timnas Kroasia, Zlatko Dali, akan mengandalkan Luka Modric di lini tengah sebagai pengatur serangan tim. Otomatis, setiap tim harus menghentikan Modric, jika ingin mengalahkan Kroasia di Piala Dunia 2022.

Prediksi Kroasia di Piala Dunia 2022

Baca Juga

Menilik skuad yang baru, Kroasia diprediksi bakal bisa melangkah paling jauh hingga semifinal, lantaran saingan yang lebih mudah di penyisihan grup.

Melihat anggota grup F, seperti Belgia, Kanada, dan Maroko, Kroasia bisa lolos dengan mudah, paling tidak sebagai runner-up grup.

Baca Juga

Kroasia sendiri akan menghadapi Maroko di pertadingan pertama grup F Piala Dunia 2022, sebelum menghadapi Kanada, dan kemungkinan perebutan juara grup dengan menghadapi Belgia di laga terakhir.

Dua kemenangan pertama diharapkan bisa didapatkan oleh Kroasia dari Maroko dan Kanada, sedangkan Belgia yang karut-marut bisa jadi bulan-bulanan.

Jika mampu lolos ke 16 besar, Kroasia akan menghadapi dua tim besar, Spanyol atau Jerman, sebelum bisa lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2022.

Baca Juga
KroasiaLuka ModricPiala Dunia 2022Zlatko DalicProfil Piala Dunia 2022

Berita Terkini