Kejurnas Anggar 2022 Resmi Digelar, Ajang untuk Melahirkan Atlet-atlet Berprestasi

Jumat, 28 Oktober 2022 20:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Humas PB IKASI
Ketum PB IKASI, Agus Suparmanto (kanan) membuka Kejurnas Anggar 2022 di GOR POPKI Cibubur, Jumat (28/10/22). Copyright: © Humas PB IKASI
Ketum PB IKASI, Agus Suparmanto (kanan) membuka Kejurnas Anggar 2022 di GOR POPKI Cibubur, Jumat (28/10/22).

INDOSPORT.COM - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI) Agus Suparmanto membuka Kejurnas Anggar 2022, yang dilaksanakan di Gedung Olahraga (GOR) POPKI Cibubur, Jakarta Timur pada Jumat (28/10/22).

Sebanyak 620 atlet dari 24 provinsi ikut serta dalam Kejurnas Anggar 2022 yang berlangsung pada 27 Oktober hingga 3 November 2022 ini.

Agus Suparmanto mengatakan ini adalah bagian dari pembinaan untuk atlet anggar di semua umur. Selain itu Kejurnas Anggar 2022 ini juga digelar untuk menelurkan atlet-atlet terbaik dari cabang olahraga (Cabor) Anggar. 

Adapun nomor-nomor yang dipertandingkan dalam kejuaraan ini antara lain Floret, Degen maupun Sabel untuk putra, putri dan beregu.

"Dari seluruh daerah kita kumpulkan di sini, nanti kita pilih atlet-atlet mana saja yang potensial. Karena ini dari mulai tingkat pra-kadet, kadet, junior dan senior. Jadi seluruh umur," kata Agus kepada awak media di lokasi, Jumat (28/10/2022).

Agus juga mengatakan ini merupakan salah satu cara yang dilakukan PB IKASI untuk memberikan pengalaman kepada para atlet demi mempersiapkan diri menghadapi event-event internasional seperti SEA Games, Asian Games hingga Olimpiade. 

Selain itu, dalam rangka menemukan parter sparing yang lebih baik, PB IKASI juga berencana mengirim 24 atlet ke Korea Selatan. 

"Kita lakukan pelatihan-pelatihan dan dalam dua minggu lagi kita akan kirim atlet-atlet ini ke Korea Selatan untuk berlatih bersama sehingga mereka semua bisa menambah pengalaman," kata Agus.

Menurut Agus, atlet-atlet Anggar Indonesia akan mendapatkan pengalaman berharga jika bisa berlatih tanding dengan atlet-atlet Korea Selatan. 

Pasalnya, atlet anggar Korsel berhasil menyumbangkan banyak medali pada ajang Asian Games 2018 dengan rincian enam medali emas, tiga perak dan enam perunggu. Sumbangan medali tersebut berhasil membawa Korsel menjadi juara umum.

"Mereka juga punya salah satu atlet yang juara dunia. Kita juga punya hubungan baik, di mana rutin setiap tahun ada pertukaran. Sehingga atlet-atlet senang dan bisa mengukur kemampuan mereka. Karena anggar ini perlu sparing parter yang bagus dalam bertanding," ujarnya.