NBA

5 Pebasket dengan Kontrak Termahal di NBA

Rabu, 26 Oktober 2016 05:40 WIB
Editor: Gerry Anugrah Putra
 Copyright:

NBA memang menjadi ladang uang untuk para pebasket dunia. Pada kompetisi ini, jarang ditemukan pebasket yang loyal terhadap satu tim jika diiming-imingi kontrak yang lebih besar oleh tim lain. 

Pembatasan nilai kontrak yang semakin meninggi tiap musimnya memicu tim-tim NBA untuk mengganjar pemain-pemain berstatus free agent dengan kontrak yang sangat 'wah'. 

Seperti diketahui, peraturan NBA menuliskan bahwa tiap musimnya ada pembatasan total nilai gaji dalam sebuah tim. Contohnya pada musim lalu, pembatasan nilai gaji atau biasa disebut salary cap dipatok sebesar 70 juta dollar AS atau setara dengan Rp908 miliar. 

Maksud dari salary cap tersebut adalah maksimal uang gaji yang dikeluarkan satu tim untuk semusim penuh sebesar 70 juta dollar AS. Jika lebih dari itu, maka tim tersebut wajib membayar denda pada pihak NBA. 

Untuk musim ini, NBA mengeluarkan aturan baru untuk salary cap naik menjadi 94 juta dollar AS (Rp1,2 triliun). Dengan kebijakan baru tersebut, para agent-agent pebasket yang berstatus bebas transfer berlomba-lomba untuk memasang tarif tinggi terhadap kliennya serta mencari tim-tim yang memberikan kontrak paling besar walaupun sang pemain tetap diinginkan tim lamanya.

Legenda Chicago Bulls yang dijuluki sebagai 'GOAT' yang artinya "Greatest Of All the Time', Michael Jordan, pernah meraup uang kontrak sebesar 33 juta dollar AS (Rp428 miliar) dalam semusim pada season 1997/98. Sedangkan eks pebasket yang baru saja memutuskan untuk pensiun, Kobe Bryant, pernah mengantongi 30 juta dollar dalam semusim pada tiga musim lalu.  

Rekor nilai kontrak Jordan bersama Bulls menjadikannya pemain dengan bayaran tertinggi sepanjang sejarah NBA, yang akan dipecahkan oleh LeBron James pada musim 2018/19. James yang meraup 30 juta dollar AS (Rp389 miliar) musim ini, dua musim lagi akan mendapatkan bayaran sebesar 35 juta dollar AS, tertinggi sepanjang sejarah NBA.

Berikut lima pebasket NBA dengan bayaran termahal pada musim 2016/17 versi INDOSPORT.

Penulis: Muhammad Adiyaksa

56