Tony Parker, Legenda San Antonio Spurs, Putuskan Pensiun

Selasa, 11 Juni 2019 13:16 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© GETTY IMAGES
Tony Parker ketika membela San Antonio Spurs di kompetisi basket NBA. Copyright: © GETTY IMAGES
Tony Parker ketika membela San Antonio Spurs di kompetisi basket NBA.

INDOSPORT.COM – Legenda San Antonio Spurs, Tony Parker, memutuskan pensiun dari dunia basket profesional di usianya yang ke-37. Point guard berkebangsaan Prancis itu gantung sepatu setelah 18 musim bermain di kompetisi bola basket paling bergengsi di dunia, NBA.

Parker mengumumkan sendiri keputusannya untuk gantung sepatu dari lapangan basket. Melalui akun Twitter pribadinya, keputusan pensiun dari basket merupakan hal yang sangat emosional baginya.

“Dengan penuh rasa emosional saya menyatakan pensiun dari basket. Itu merupakan pengalaman yang luar biasa. Bahkan di mimpi terliar sekalipun. Saya tidak pernah membayangkan bisa merasakan momen-momen tak bisa dipercaya di NBA dan tim nasional Prancis. Terimakasih untuk semuanya,” tulis Parker.

Parker merupakan draft pilihan ke-28 yang dipilih oleh Spurs pada tahun 2001. Sebelum di-draft oleh Spurs, pemain kelahiran Bruges, Belgia, itu bermain untuk klub basket lokal Prancis, Paris Basket Racing.

Tony Parker menjadi bagian dari kesuksesan Spurs yang berhasil merengkuh gelar juara NBA empat kali pada musim 2003, 2005, 2007, dan 2014. Selain sukses meraih empat cincin juara NBA, Parker juga pernah merasakan juara Eropa bersama tim basket Prancis pada tahun 2013.

Pemain berpostur 188 cm itu membela Spurs selama 17 musim, dari tahun 2001 hingga 2018. Setelah hampir dua dekade berseragam Spurs, ia sempat kembali ke Prancis untuk membela klub ASVEL Lyon-Villeurbanne, sebelum mengakhiri karier di NBA bersama Charlotte Hornets.

Pada musim 2019, Parker bermain dalam 56 pertandingan untuk Hornets. Namun, semua pertandingan tersebut ia mulai dari bangku cadangan.

Parker mencatatkan 1.151 pertandingan musim reguler selama kariernya di NBA, dengan rata-rata 15,5 poin dan 5,6 assist per pertandingan. Selain sukses meraih empat gelar juara NBA bersama San Antonio Spurs, Tony Parker juga pernah meraih gelar MVP Finals 2007 dan enam kali terpilih masuk daftar NBA All-Star.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%