Komunitas Sehat

7 Tips Ampuh untuk Memperbaiki Teknik Shooting Bola Basket

Selasa, 23 Juli 2019 18:01 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Instagram/Helena Tumbelaka
Helena Tumbelaka, pemain tim basket Merpati Bali. Copyright: © Instagram/Helena Tumbelaka
Helena Tumbelaka, pemain tim basket Merpati Bali.

INDOSPORT.COM - Mengetahui cara menembak bola basket yang benar adalah sesuatu yang penting sebelum memulai permainan. Bukan hanya sekedar tahu cara melakukannya, tetapi perlu beberapa kombinasi yang diikutsertakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan diinginkan.

Banyak yang melewatkan hal-hal sepele, sehingga caranya pun ada yang sedikit terlewatkan dan hasilnya tidak sesuai dengan apa yang diinginkan, yaitu memasukkan bola ke dalam keranjang basket.

Dari atas hingga bawah tubuh, harus sesuai  dengan prosedur seharusnya dan dikombinasikan menjadi satu, agar postur lebih siap dan menghasilkan poin saat menembakkan bola.

Berikut rangkuman untuk memperbaiki cara menembak bola agar menjadi lebih baik, sebagaimana dirangkum dari laman USA Basketball.

1. Letakkan fokus dan perhatikan arah ring basket

Fokuskan mata pada ring agar terbentuk arah target bola. Ini juga bertujuan untuk mengira arah tembakan, jarak, dan tenaga yang akan diperlukan.

2. Menggunakan kuda-kuda kaki

Perhatikan keseimbangan badan dan kuda-kuda kaki harus selebar bahu bertumpu pada lutut yang ditekuk dan menjadi titik untuk melompat. Ujung kaki mengarah ke ring basket sehingga dapat menciptakan arah yang sesuai.

3. Memegang bola dengan benar

Pada saat memegang bola, jari-jarilah yang menjadi tumpuan bukan telapak tangan sehingga jarak antara bola dan telapak tangan diberi ruang yang cukup (bola diletakkan di atas bantalan jari).

4. Siku membentuk 90 derajat dan berada lurus di bawah bola

Siku harus di bawah bola agar lurus saat didorong ke atas dan searah lurus dengan ring.

Beri lemparan yang lembut. Jangan disentak saat mendorong bola pada waktu menembak, mengarah ke atas searah dengan ring basket yang dituju.

5. Tenaga yang cukup dari lutut dan dorongan tangan

Beri perhatian lebih pada kekuatan saat melompat dan mendorong bola ke arah ring basket. Beri tenaga yang cukup dan sesuai. Melompat ke atas sehingga saat mendarat, Anda kembali di tempat yang sama bukan lompat ke depan.

6. Kelenturan tangan

Lebih sering melatih pergelangan tangan anda agar menjadi terbiasa, lebih rileks. Pertahankan posisi sampai bola menyentuh target.

7. Melakukan gerakan yang benar berulang kali

Hafalkan dan mengerti gerakan yang benar, sehingga gerakan yang salah tidak terulang. Mengkoreksi dan mengerti jarak dan tenaga yang harus dikeluarkan. Begitulah cara Anda akan menghindari dan mengubah kesalahan tersebut.

Penulis: Israelly Rex Kawengian

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
100%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%