3 Negara Pesaing Terkuat Amerika Serikat di FIBA World Cup 2019

Sabtu, 3 Agustus 2019 17:45 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Frederic Stevens/Getty Images
Trofi Piala Dunia Basket 2019. Copyright: © Frederic Stevens/Getty Images
Trofi Piala Dunia Basket 2019.

INDOSPORT.COM - FIBA World Cup 2019 akan berlangsung pada 31 Agustus - 15 September di China. Berikut 3 negara yang bisa saingi Amerika Serikat dalam meraih gelar. 

Turnamen FIBA World Cup 2019 akan berlangsung pada 31 Agustus - 15 September di China. 32 negara siap bersaing demi meraih Naismith Trophy yang baru. 

Amerika Serikat, sebagai peringkat pertama di ranking FIBA, dan sebagai negara kiblat basket yang sudah 5 kali menjuarai Piala Dunia, tentu menjadi unggulan utama di turnamen ini. 

Namun, Timnas Amerika Serikat yang dijuluki The Dream Team, mendapat penolakan dari sejumlah bintangnya. Beberapa bintang NBA seperti Anthony Davis, James Harden, Eric Gordon, CJ McCollum, Bradley Beal, Tobias Harris, dan Damian Lillard menolak panggilan Timnas untuk berlaga di FIBA World Cup 2019. 

Meski tanpa pemain-pemain tersebut, Amerika Serikat tetaplah menjadi favorit. Tengok saja roster yang dibawa oleh China. 

Masih ada nama Jaylen Brown, Kyle Kuzma, Brook Lopez, Kyle Lowri, Khris Middleton, Jayson Tatum, dan Kemba Walker. 

Tetapi bukan berarti Amerika Serikat tak bisa dikalahkan. Ada beberapa negara yang akan menjadi pesaing terkuat Amerika Serikat di FIBA World Cup 2019. 

1. Serbia 

Sebagai salah satu negara pecahan Yugoslavia, Serbia punya kekuatan yang mumpuni di olahraga basket. Serbia menjadi runner up pada FIBA World Cup 2014 lalu dan kalah dari Amerika Serikat di final. 

Pada FIBA EuroBasket 2017, Serbia juga menjadi runner up dan kalah tipis 85-93 di final melawan Slovenia. Serbia tentunya menjadi ancaman bagi Amerika Serikat di FIBA World Cup 2019. 

Selain punya penggawa yang bermain di klub besar Eropa seperti Stefan Jovic, Vladimir Lucic, Milan Macvan (Bayern Munchen), Marko Simonovic (Zenit St.Petersburg). 

Serbia juga punya sejumlah pemain NBA seperti Bogdan Bogdanovic dan Nemanja Bjelica (Sacramento Kings), Nikola Jokic (Denver Nuggets), dan Boban Marjanovic (Philadelphia 76ers). 

2. Prancis 

Prancis mulai bangkit sebagai kekuatan basket di Eropa sejak tahun 2011. Hasilnya, Prancis menjadi runner up FIBA EuroBasket 2011, juara FIBA EuroBasket 2013, dan meraih peringkat ke-3 pada FIBA EuroBasket 2015. 

Prancis juga meraih peringkat ke-3 di FIBA World Cup 2014. Untuk FIBA World Cup 2019, Prancis tampil sebagai pemegang ranking 3 FIBA. 

Dari segi roster, Prancis diperkuat oleh Nando De Colo yang membela CSKA Moscow, Thomas Heurtel dari FC Barcelona, Louis Labeyrie dari klub Valencia. 

Sedangkan bintang NBA yang ikut serta adalah Evan Fournier dari Orlando Magic, Timothe Luwawu-Cabarrot dari Chicago Bulls, dan Frank Ntilikina dari New York Knicks. 

3. Spanyol 

Spanyol, sebagai peraih gelar EuroBasket 2009, 2011, dan 2015 serta FIBA World Cup 2006, kini menempati ranking 2 FIBA dan menjadi favorit di FIBA World Cup 2019

Dengan roster yang kekuatannya terdiri dari pemain Barcelona seperti Victor Claver, Pierre Oriola, dan Pau Ribas. 

Serta ada penggawa Real Madrid seperti Rudy Fernandez dan Sergio Llull dan pemain dari Valencia dan Tenerife. 

Spanyol juga masih punya pemain NBA seperti Juan Hernangomez dari Denver Nuggets, Willy Hernangomez dari Charlotte Hornets, Ricky Rubio dari Phoenix Suns, dan Marc Gasol yang kini membela Toronto Raptors.