Ditentang LeBron James, NCAA Tarik Aturan Agen Basket Harus Sarjana

Selasa, 13 Agustus 2019 17:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© USA Today
Megabintang Lakers, LeBron James, turut mendukung Chris Paul, agen yang baru-baru ini memprotes kebijakan NCAA. Copyright: © USA Today
Megabintang Lakers, LeBron James, turut mendukung Chris Paul, agen yang baru-baru ini memprotes kebijakan NCAA.

INDOSPORT.COM – Asosiasi Atlet Kampus Nasional (NCAA) menarik aturan seorang agen basket harus bergelar sarjana, menyusul protes keras dari superstar LeBron James dan agennya, Rich Paul, baru-baru ini.

Dilansir dari berita olahraga laman Business Insider, NCAA menarik peraturan yang mengharuskan agen perwakilan pemain basket kampus yang masuk dalam draft NBA harus punya gelar sarjana, Senin (12/08/19).

NCAA kemudian memutuskan mengadopsi peraturan yang digunakan Asosiasi Pemain Bola Basket Nasional, dengan memberi keringanan setiap calon agen yang tidak memiliki gelar sarjana.

Aturan ini sebelumnya diberlakukan oleh NCAA pekan lalu, yang mana mendapat perhatian khusus dari LeBron James dan sejumlah penggiat olahraga basket. 

Rich Paul, salah satu agen NBA paling ternama, sempat melayangkan protes saat aturan itu ditetapkan. Melalui surat terbuka, dia menyatakan tidak yakin apakah aturan baru itu menargetkan dirinya.

Namun gelar sarajana diyakini bisa mencegah agen-agen dari latar belakang yang kurang bergengsi, sering kali orang-orang dari kulit berwarna mewakili pemain profesional.

“Dalam hal ini, orang-orang yang dimaksudkan adalah mereka yang bercita-cita menjadi agen dan bekerja di NBA dan tidak memiliki sumber daya, peluang atau keinginan untuk mendapatkan gelar empat tahun,” tulis Paul.

Protes keras Paul ini didukung LeBron James. Melalui akun resminya di Twitter, bintang Los Angeles Lakers itu mengunggah ulang surat Paul dengan menyertakan tagar solidaritas #StayWokeFolks.

Berselang enam jam setelah postingan Paul disebarluaskan, NCAA kemudian mengumumkan menarik mundur aturan yang kini menjadi viral dengan julukan ‘Rich Paul Rule’ tersebut.

Paul sendiri merupakan salah satu agen kuat dalam dunia basket dan NBA. Selain menangani LeBron James, dia juga mewakili Anthony Davis, Ben Simmons, Draymond Green, dan masih banyak lagi.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%