Tanggapan Ketua Perbasi Danny Kosasih Soal Pelatih Baru Rajko Toroman

Kamis, 15 Agustus 2019 10:44 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Yohanes Ishak
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih.

INDOSPORT - Timnas seleksi basket putra Indonesia yang membawa nama tim Indonesia Selection berhasil meraih hasil positif dalam sebuah turnamen yang digelar di GOR Angkasa Lanud, Medan, Elang Cup 2019.

Dalam even yang digelar 7-13 Agustus 2019 itu, timnas langsung diarsiteki oleh pelatih anyar mereka asal Serbia, Rajko Toroman, dan sukses meraih juara ketiga dalam even yang digelar tahunan tersebut.

Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih, yang hadir dalam acara penutupan Elang Cup 2019 menyanjung gaya kepelatihan coach Toro, sapaan akrab Rajko Toroman.

Bahkan Danny Kosasih menyebut para pemain seleksi timnas ini terlihat cukup nyetel meski sang pelatih anyar itu baru bergabung dengan timnas kurang lebih selama dua pekan.

"Bagus sekali. Dia adalah pelatih kelas dunia. Dia pernah pegang timnas Filipina hampir 10 tahun dan sejumlah tim lainnya dengan hasilnya sangat memuaskan," ujarnya kepada INDOSPORT.

Selain track record dan CV yang bagus dalam setiap menangani sebuah tim, menurut Danny Kosasih, coach Toro menerapkan sistem latihan yang cukup dimengerti oleh para pemain.

"Coach Toro menerapkan sistem latihan sangat jelas dan teliti. Dan hasilnya sangat luar biasa menurut saya (juara ketiga Elang Cup 2019)," imbuhnya.

Lebih lanjut Danny Kosasih mengatakan, tim Indonesia Selection ini dipersiapkan untuk mengahadapi sejumlah agenda yakni SEA Games 2019 Filipina akhir tahun ini dan Kualifikasi FIBA Asia awal tahun depan.

"Tim yang setengah masih di Jakarta. 14 ada di sini dan di Jakarta ada belasan lagi. Nanti masih akan kita perkecil lagi saat berangkat ke Serbia (untuk training camp)," tutup Danny Kosasih sang Ketua Umum Perbasi.