Apa Kabar Yao Ming? Pebasket China yang Pernah Angkat Nama Rockets

Minggu, 18 Agustus 2019 15:30 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© NBA
Yao Ming ketika bermain membela Houston Rockets. Copyright: © NBA
Yao Ming ketika bermain membela Houston Rockets.

INDOSPORT.COM - Pebasket asal China, Yao Ming sudah pensiun dari dunia basket. Namun, setelah pensiun dari Houston Rockets, Yao Ming memiliki kesibukan yang tak kalah membosankan.

Yao Ming merupakan pemain yang menjadi first pick pada NBA Draft 2002. Selama berkarier di NBA, ia hanya bermain dengan satu tim bersama Houston Rockets.

Kehadiran Yao Ming di NBA, membuat pasar kompetisi basket paling bergengsi itu semakin melebar ke Asia, khususnya di China. Bahkan berkat dukungan dari masyarakat China, Yao Ming bisa bermain 8 kali NBA All Star.

Akan tetapi, karier Yao Ming di NBA tak bertahan lama NBA. Hal itu karena ia bermaslah dengan cedera. Pemain yang tinggi dan piawai dalam melakukan tembakan tiga angka itu mengakhiri kariernya karena cedera retak kaki kiri.

Dilansir dari laman berita olahraga Sportscasting, usai pensiun, Yao Ming ternyata menjalani hidup yang tak membosankan. Karena sosoknya yang tersohor, pria kelahiran 12 September 1980 tersebut melakukan kegiatan mulia di tanah kelahirannya.

Seperti yang diketahui, di China Hiu adalah salah satu hewan yang sering menjadi konsumsi. Berkat hal itu, satwa liar tersebut terancam punah di China.

Melihat hal itu, bersama kelompok konservasi di China, Yao Ming mengikuti kegiatan amal untuk mengampanyekan untuk mengurangi konsumsi Hiu. Yao Ming menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut.

Cara yang dilakukan Yao Ming itu terbukti ampuh karena dengan kegiatan tersebut konsumsi Hiu di China bisa menurun. Sebab, 60 persen di restoran Cina menghapus Hiu dari daftar menu mereka.

Selain itu, pada bulan Juni 2019 lalu, Yao Ming terpilih sebagai Presiden Konfederasi Bola Basket Asia (ABC). Eks pebasket yang berposisi Center ini juga terpilih sebagai anggota komite Sentral ABC dalam Kongres ABC di Bangalore, India.

Yao Ming sendiri menutup karier basketnya dengan rata-rata statistik 19 poin, 9,2 rebounds, dan 1,9 blok per pertandingan.