Dirk Nowitzki Ditunjuk Jadi Ketua Komisi Pemain FIBA

Sabtu, 14 September 2019 14:12 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ronald Martinez/Getty Images
Dirk Nowitzki (Dallas Mavericks). Copyright: © Ronald Martinez/Getty Images
Dirk Nowitzki (Dallas Mavericks).

INDOSPORT.COM - Legenda Dallas Mavericks dan Timnas Jerman, Dirk Nowitzki telah ditunjuk sebagai Ketua Komisi Pemain FIBA periode 2019-2023 pada Sabtu (14/09/19).

Dirk Nowitzki sudah menyatakan pensiun untu bermain basket pada akhir musim 2018/19. Sepanjang kariernya, Nowitzki hanya bermain untuk satu tim NBA, yakni Dallas Mavericks.

Bersama Mavericks, pria berusia 41 tahun ini berhasil mempersembahkan gelar juara untuk pertama kalinya bagi timnya pada tahun 2011 silam.

Selain bermain untuk Mavericks, Nowitzki juga menjadi bagian penting bersama Timnas Jerman. Nowitzki yang pernah meraih MVP NBA tahun 2007 itu membawa Jerman finis di tempat ketika FIBA World Cup 2002.

Melihat karier Nowitzki yang cemerlang, Federasi Bola Basket Dunia (FIBA) kemudian menunjuknya sebaga Ketua Komisi Pemain dalam periode 2019-2023. Hal ini membuat Nowitzki juga masuh dalam anggota FIBA Central Board yang berisi 25 orang, termasuk Erick Thohir.

"Dirk adalah salah satu pemain terhebat di dunia basket dan dihormati di seluruh dunia. Ia memiliki karier yang luar biasa baik di NBA dan tim nasionalnya. Dia adalah orang yang sempurna untuk posisi ini," ucap Sekretaris Jenderal FIBA, Andreas Zagklis dikutip FIBA.basketball.

Ditunjuk sebagai Ketua Komisi Pemain FIBA, Dirk Nowitzki merasa sangat terhormat. Ia pun bersemangat untuk mengambil peran baru ini dan siap bekerja sama dengan para pemain basket aktif dan pensiunan di seluruh dunia.