Mengenal Brittni Donaldson, Asisten Pelatih Wanita Termuda di NBA

Kamis, 19 September 2019 18:39 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Yohanes Ishak
© Steve Russell/GettyImages
Brittni Donaldson, Asisten Pelatih Toronto Raptors Copyright: © Steve Russell/GettyImages
Brittni Donaldson, Asisten Pelatih Toronto Raptors

INDOSPORT.COM - Brittni Donaldson dipromosikan menjadi asisten pelatih Toronto Raptors usai dua tahun menjadi data analis tim. Ia juga membantu Raptors menjadi juara NBA untuk pertama kalinya di musim 2018/19.

Toronto Raptors mempromosikan Donaldson menjadi asisten pelatih termuda pada 9 September 2019 lalu. Promosi yang didapatkan wanita berusia 26 tahun ini kemudian menjadi sorotan.

Sebab, selain menjadi asisten pelatih termuda di NBA, Donaldson adalah pelatih wanita di NBA ke-10 dan kelima yang direkrut jelang musim ini.

Perjalanan Donaldson menjadi asisten pelatih ini bukanlah hal yang mudah. Wanita asal Iowa ini mengungkapkan kecintaannya kepada basket, terutama NBA dimulai sejak kecil karena ayahnya adalah pendukung fanatik Boston Celtics.

Donaldson kemudian bermain basket sampai di perguruan tinggi. Akan tetapi, ia memutuskan tak melanjutkan karier basketnya dan masuk ke WNBA karena mengalami cedera.

Bahkan saat di bangku perkuliahan, Donaldson pernah menjalani empat kali operasi lututnya. Pada akhirnya usai memutuskan tak melanjutkan kariernya sebagai pemain profesional basket, Donaldson hanya mengejar pekerjaan yang berhubungan dengan olahraga.

© Steve Russell/GettyImages
Asisten Pelatih Toronto Raptors, Brittni Donaldson Copyright: Steve Russell/GettyImagesAsisten Pelatih Toronto Raptors, Brittni Donaldson

Awalnya, Donaldson menjadi analis data NBA Stats LLC yang berbasis di Chicago. Kemudian, ia pun dilirik oleh manajer umum Toronto Raptors, Masai Ujiri. Menurut Ujiri, Donaldson memiliki jiwa pelatih dalam dirinya.

"Kehilangan seseorang yang cerdas itu sangat sulit. Tapi, dia (Donaldson) memiliki jiwa kepelatihan dalam DNA dirinya," ucap Ujiri dikutip dari ESPN.

Setelah mengabdi selama dua tahun menjadi data analis Raptors, Donaldson kemudian diberitahu oeh Nick Nurse bahwa dirinya akan menjadi aisten pelatih untuk tim di NBA musim 2019/20.

"Saya sangat sangat terkejut dan sangat tertarik. Saya belum pernah di lapangan atau berada di sekitar staf pelatih. saya sangat bersemangat," tegas Donaldson kepada CBC Radio.

Akankah dengan tangan dingin Nick Nurse yang bakal dibantu Brittni Donaldson bisa membuat Toronto Raptors bakal mempertahankan gelar NBA dan meraih gelar back to back? Menarik untuk dinanti.