China Bantah Pernyataan Komisaris NBA Terkait Pemecatan Petinggi Rockets

Sabtu, 19 Oktober 2019 19:25 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© nba.com
Pemerintah China memberikan respons terhadap pernyataan Komisaris NBA, Adam Silver yang menyebutkan bahwa mereka meminta petinggi Houston Rockets, Daryl Morey untuk dipecat. Copyright: © nba.com
Pemerintah China memberikan respons terhadap pernyataan Komisaris NBA, Adam Silver yang menyebutkan bahwa mereka meminta petinggi Houston Rockets, Daryl Morey untuk dipecat.

INDOSPORT.COM - Pemerintah China memberikan respons terhadap pernyataan Komisaris NBA, Adam Silver yang menyebutkan bahwa mereka meminta petinggi Houston Rockets, Daryl Morey untuk dipecat.

Hubungan NBA dan China saat ini memanas karena pernyataan petinggi Rocket, Daryl Morey yang mendukung aksi demonstran Hong Kong.

Efek dari ketegangan itu, komisaris NBA, Adam Silver baru-baru ini mengatakan bahwa pihak China meminta agar Morey untuk dipecat.

"Jelas kami diminta untuk memecat dia (Morey) oleh pemerintah China, dan juga dari sebagian pihak yang melakukan kerjasama dengan kami," ucap Silver dikutip dari laman berita olahraga Sky Sports.

Meski demikian, Silver menegaskan bahwa NBA tidak akan melakukan hal tersebut. Pasalnya, NBA sendiri menjunjung kebebasan berpendapat seseorang yang ada di lingkup liga.

Akan tetapi, setelah pernyataan Silver beredar. Juru bicara Kementrian Luar Negeri China, Geng Shuang membantah pernyataan dari Silver.

"Saya membaca berita melalui laporan media sebelum saya pergi untuk memverifikasi dengan agen terkait. Pemerintah China tidak pernah membuat permintaan seperti itu (pemecatan Morey)," ucap Geng dikutip dari media asal China, CGTN.

Sementara itu, akibat ketegangan yang terjadi ini, banyak kerjasama yang dilakukan oleh NBA dan pihak China kemudian ditangguhkan.