Dibabat Satria Muda Jakarta, Louvre Surabaya Telan Kekalahan Pertamanya di IBL 2020

Jumat, 17 Januari 2020 18:34 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Humas IBL
Momen ketika Savon Goodman mencoba menghadang Elijah Jihad Foster di IBL. Copyright: © Humas IBL
Momen ketika Savon Goodman mencoba menghadang Elijah Jihad Foster di IBL.

INDOSPORT.COM - Tim debutan pada ajang Indonesian Basket League (IBL) 2020, yakni Louvre Surabaya harus tertunduk kalah oleh Satria Muda Jakarta pada laga pertama Seri II Bandung, Jumat (17/10/20) di C’Tra Arena Bandung dengan skor akhir, 61-69.

Sepanjang musim ini berjalan, tercatat ini merupakan kekalahan pertama bagi skuat asuhan Andika Supriadi Saputra atau Bedu tersebut.

Untuk formasi awal, Louvre Surabaya menurunkan Savon Goodman, Dimaz Muharri, Daniel Wenas, Martavious Irving, dan Galank Gunawan. Sedangkan Satria Muda diisi oleh M. Sandy Ibrahim, Gary Jacobs Jr, AA Ngurah Wisnu Budhidarma Saputra, Juan Laurent Kokodiputra, dan Elijah Jihad Foster.

Pada kuarter pertama, Louvre mampu mendominasi permainan hingga mampu menutup kuarter dengan poin 19-16. Namun, pada kuarter kedua Satria Muda mulai menunjukkan taringnya hingga terlihat bermain lebih agresif dan sempat membalikkan keadaan menjadi 23-26. Melihat hal tersebut, Bedu pun akhirnya meminta time out.

Setelahnya, permainan berjalan semakin sengit. Kuarter kedua diambil alih oleh Satria Muda dengan selisih poin yang tipis, yaitu 31-34.

Gary Jacobs dkk terus ngotot memegang kendali permainan hingga kuarter ketiga berakhir dengan poin 49-53. Masuk pada kuarter keempat, kedua tim mengalami nirpoin di menit-menit awal. Namun, kondisi tersebut segera dituntaskan oleh Goodman dengan lay-up nya yang berhasil pada menit ke-6.

Kembali berkat pemain yang dinobatkan sebagai pemain terbaik pada final IBL 2019 itu, Louvre bisa memimpin jalannya permainan dengan poin tipis, 57-56. Pada lima menit terakhir, Andika membuat strategi dengan memainkan small line up yang diisi oleh Galank Gunawan sebagai center.

Satria Muda pun memanas di detik-detik pertandingan akan berakhir, Bedu pun memutuskan menggantikan Kolawole dan Dimaz Muharri dengan Savon Goodman dan Daniel Wenas.

Sayang, strategi tersebut tidak mampu mengubah keadaan. Tim binaan Milos Pejic tetap unggul dan menutup pertandingan dengan kemenangan.

Pada Louvre Surabaya, Savon Goodman menjadi pemain top skor pada laga ini dengan mengemas 28 poin (double-double) dan 13 rebound lalu selanjutnya Michael Kolawole yang mencetak 10 poin dan 8 rebound.

Untuk Satria Muda, Gary Jacobs Jr menjadi penyumbang terbanyak dengan 26 poin, Juan Laurent 13 poin dan 7 rebound, dan Sandy Ibrahim dengan 10 poin dan 5 rebound.

Jadwal selanjutnya, Louvre Surabaya akan berhadapan dengan Indonesia Patriots pada Sabtu (18/01/20). Kemudian lusa, Minggu (19/01/20) Satria Muda akan melawan tim Surabaya lainnya, yakni Pacific Caesar Surabaya.