Begini Cara NBA Sikapi Merebaknya Wabah Virus Corona

Sabtu, 21 Maret 2020 15:48 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Isman Fadil
© nba.com
Meskipun pandemi corona membuat NBA musim 2019-2020 terpaksa dihentikan sementara, tapi hal itu tidak membuat NBA berhenti berupaya untuk menginspirasi. Copyright: © nba.com
Meskipun pandemi corona membuat NBA musim 2019-2020 terpaksa dihentikan sementara, tapi hal itu tidak membuat NBA berhenti berupaya untuk menginspirasi.

INDOSPORT. COM – Meskipun pandemi corona membuat NBA musim 2019-2020 terpaksa dihentikan sementara, tapi hal itu tidak membuat NBA berhenti berupaya untuk menginspirasi.

Seperti diketahui, merebaknya pandemi corona memaksa pihak NBA menghentikan kompetisi untuk sementara. Sejumlah atlet NBA bahkan juga telah diketahui positif terinfeksi virus tersebut, di antaranya Rudy Gobert (Jazz), Donovan Mitchell (Jazz), Marcus Smart (Celtics), dan Kevin Durant (Nets), serta sejumlah personil dari sejumlah klub yang dirahasiakan identitasnya.

Minggu lalu, 18 pemain NBA dan WNBA membuat sejumlah video pengumuman layanan publik. Dalam video tersebut, mereka membagikan informasi kesehatan penting untuk mengurangi penyebaran virus corona. Hingga saat ini video-video tersebut telah ditonton 37 juta kali di kanal media sosial liga.

Pihak liga menggunakan jangkauan luas mereka dan kehadiran nama-nama besar di NBA untuk meluncurkan program ‘NBA Together.’Ini merupakan kampanye keterlibatan sosial dan komunitas global untuk mendukung, mendidik, dan menginspirasi anak muda, keluarga, dan fans NBA sebagai respons terhadap pandemi corona.

Dilansir situs resmi NBA, program ini bersandar pada 4 kegiatan yakni Know The Facts, Acts of Caring, Expand Your Community, dan NBA Together Live.

Dalam Know The Facts, NBA membuat situs web yang berisi informasi terakhir perkembangan pandemi termasuk di wilayah sekitar, dan cara pencegahannya. Informasi-informasi ini akan disampaikan para bintang dan legenda basket.

Dalam Acts of Caring, NBA mengajak para pemain dan fans melakuka kegiatan positif di tengah pandemi ini. Mereka bisa mengunggah foto atau video ketika berdonasi, memberikan kelas basket online,dan kegiatan positif lain disertai hashtag #NBATogether di berbagai platform media sosial.

Sementara itu, dalam Expand Your Community, NBA menyediakan konten berisi berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di rumah untuk menjaga kesehatan fisik dan mental selama karantina. Konten-konten tersebut misalnya materi latihan basket dan pelajaran yang bisa dilakukan di rumah.

Terakhir, dalam NBA Together Live, setiap hari satu orang pebasket NBA akan tampil dalam wawancara live di akun Instagram resmi NBA. Para penggemar bisa bertanya kepada para bintang secara langsung dalam kegiatan tersebut.

Secara global telah terjadi 250 ribu kasus positif corona dengan lebih dari 10 ribu orang meninggal. Di Amerika Serikat tercatat hampir 20.000 kasus positif corona, dan 275 korban meninggal.