Profil Torpan Pojat, Klub Basket Finlandia yang Sempat Dibela Rodman-Pippen

Rabu, 6 Mei 2020 06:12 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Rafif Rahedian
© The Sporting News/Getty Images
Torpan Pojat, klub Basket ini eksis di Finlandia sana, bahkan pernah dibela duo legenda NBA, Dennis Rodman dan Scottie Pippen. Copyright: © The Sporting News/Getty Images
Torpan Pojat, klub Basket ini eksis di Finlandia sana, bahkan pernah dibela duo legenda NBA, Dennis Rodman dan Scottie Pippen.

INDOSPORT. COM - Torpan Pojat, klub Basket ini eksis di Finlandia sana, bahkan pernah dibela duo legenda NBA, Dennis Rodman dan Scottie Pippen.

Kisah Torpan Pojat yang memakai jasa Rodman serta Pippen, terjadi sekitar tahun 2005 sampai 2008. Rodman lebih dulu gabung pada 2005, baru kemudian disusul Pippen tiga tahun setelahnya.

Meski demikian, Rodman dan Pippen yang notabene merupakan legenda NBA jebolan Chicago Bulls, tak bermain semusim penuh. Keduanya hanya bertanding untuk satu sampai dua laga saja.

Rodman membela Torpan Pojat dalam laga kontra Espoon Honka, pada 6 November 2005. Rodman turun selama 28 menit, mencetak 17 points, dan setelahnya tidak pernah kembali berkostum Torpan Pojat.

© Sporting News/GettyImages
Legenda Basket NBA dari tim Chicago Bulls, Dennis Rodman. Copyright: Sporting News/GettyImagesLegenda Basket NBA dari tim Chicago Bulls, Dennis Rodman.

Sedangkan Pippen, ada dua laga yang dilakoninya, yakni pada 4 Januari 2008 kontra Porvoon Tarmo, serta 5 Januari 2008 melawan Honka. Laga pertama, Pippen tampil 23 menit mencetak 12 poin, kemudian laga kedua cuma membukukan sembilan poin dari 29 menit bertanding.

© FocusOnSport/GettyImages
Scottie Pippen (kiri) dan Michael Jordan, dua legenda Chicago Bulls. Copyright: FocusOnSport/GettyImagesScottie Pippen (kiri) dan Michael Jordan, dua legenda Chicago Bulls.

Torpan Pojat sendiri adalah klub basket yang bermarkas di Helsinki, Finlandia. Sejarah Torpan Pojat, pernah memenangkan sembilan gelar juara Liga Basket Finlandia.

Eksistensi Torpan Pojat pernah pula berkiprah dalam ajang internasional Piala FIBA Champions. Sayangnya, keikutsertaan Torpan Projat untuk kompetisi internasional belum pernah menghasilkan prestasi.

Kisah tragis lantas dialami Torpan Pojat pada musim 2012/13. Lisensi Torpan Pojat di kasta tertinggi Liga Basket Finlandia harus dicopot, dan turun ke kasta lebih rendah.

Makin pahit, tak lama berselang tim putra Torpan Pojat dibubarkan. Kiprah Torpan Pojat kemudian diteruskan oleh Helsinki Seagulls, yang musim 2018/19 lalu menduduki peringkat tujuh kasta tertinggi Liga Basket Finlandia.