In-depth

Bagaimana Peluang Zion dan Morant Jadi Rookie of The Year NBA?

Rabu, 10 Juni 2020 15:20 WIB
Penulis: Farhan Naufal Iskandar | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Yanto/INDOSPORT
Meningkatnya performa New Orleans Pelicans dan Memphis Grizzlies, membuat nama Zion Williamson dan Ja Morant mencuat jadi kandidat Rookie of the Year NBA. Copyright: © Grafis: Yanto/INDOSPORT
Meningkatnya performa New Orleans Pelicans dan Memphis Grizzlies, membuat nama Zion Williamson dan Ja Morant mencuat jadi kandidat Rookie of the Year NBA.

INDOSPORT.COM - Meningkatnya performa New Orleans Pelicans dan Memphis Grizzlies, membuat nama Zion Williamson dan Ja Morant mencuat sebagai kandidat terkuat pemenang Rookie of the Year (ROTY) NBA musim 2019/2020.

ROTY adalah gelar individu yang diperebutkan oleh pemain NBA di tahun pertama mereka, dengan mekanisme voting yang dilakukan oleh para jurnalis dan TV broadcaster Amerika Serikat dan Kanada.

Sebelum mengalami penundaan, Zion Williamson dan Ja Morant dianggap sebagai dua pemain yang paling berpeluang besar menyabet gelar ROTY.

Perdebatan mulai memanas ketika banyak yang menjagokan Zion sebagai pemenangnya. Ya, Zion memang menjadi komoditi terpanas dengan menjadi draft pick nomor satu. Namun, untuk urusan kontribusi permainan bagi Pelicans di musim reguler, Zion jauh dari harapan.

Zion baru pulih dari cedera dan bisa bermain di pertandingan ke-45 bagi Pelicans musim ini, saat melawan Spurs pada 22 Januari 2020. Jika dilihat secara kuantitas game, Zion sudah kalah jauh dari Ja Morant yang sudah bermain sejak awal musim. Zion terhitung baru bermain sebanyak 19 pertandingan, dengan raihan 23.6 PPG, 6.8 RPG, dan 2.2 APG.

Sedangkan, Ja Morant sendiri sudah bermain sebanyak 59 kali musim ini. Dengan minute play yang dominan yaitu 30.00 MPG. Ja bahkan memimpin perolehan poin dan assist terbesar di Grizzlies, yaitu 17.6 PPG dan 6.9 APG.

Kontribusi Zion terhadap kemenangan Pelicans juga tidak terlalu mencolok. Dari 10 pertandingan terakhir, Pelicans hanya mampu 5 kali menang.

Namun, dengan kemenangan ini serta kembalinya Zion ke skuat, membuat Pelicans perlahan naik dan membuka kesempatan untuk tetap tampil di playoff.

Nah, kira-kira apakah performa 19 pertandingan Zion mampu mencuri hati para voters? Atau bahkan Ja Morant sudah secara mutlak memenangi perburuan gelar ROTY musim ini?