Hasil Penyelidikan Sebut Alasan Fatal Kecelakaan Helikopter Kobe Bryant

Kamis, 18 Juni 2020 12:24 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty images
Mengenang kembali laga terakhir Kobe Bryant. Copyright: © Getty images
Mengenang kembali laga terakhir Kobe Bryant.

INDOSPORT.COM – Penyebab utama kecelakaan helikopter yang menewaskan legenda basket Kobe Bryant akhirnya terungkap. Menurut investigasi, pilot Ara Zobayan kehilangan arah saat helikopter terjebak di area kabut tebal.

Hal ini terungkap setelah Dewan Keselamatan transportasi Nasional (NTSB) merilis laporan hasil investigasi pada Rabu (17/06/20) terkait kecelakaan yang menewaskan Kobe Bryant, putrinya, Gianna dan delapan orang lainnya termasuk pilot Ara Zobayan pada 26 Januari lalu.

Menurut laporan tersebut yang dilansir Sport Mirror, pilot Zobayan sempat melaporkan kepada pengawas lalu lintas udara bahwa helikopternya menukik, padahal sebenarnya helikoter itu sedang terjun ke bawah dan akhirnya menabrak lereng bukit.

NTBS kemudian menjelaskan bahwa pada situasi itu pilot sebenarnya bingung dengan gerakan dan percepatan pesawat karena dia tidak bisa membedakan antara langit dan pemandangan di sekitar mereka. Hal ini disebut juga istilah ‘disorientasi spasial’.

“Tanpa ada pemandangan di luar helikoper, sudut, sudut tepi yang membuat pilot kebingungan,” kata laporan itu.

Sebelum laporan analisi ini dirilis, bulan Mei lalu pihak Kepolisisan Los Angeles juga mengumumkan hasil otopsi kematian Kobe Bryant dan penumpang lainnya.

Penyebab kematian Kobe Bryant sendiri sama dengan penyebab kematian para korban lainnya, termasuk anak perempuannya, Gianna. Mereka dilaporkan tewas akibat mengalami luka berat yang diakibatkan oleh benda tumpul.

Kecelakaan ini terjadi tatkala rombongan Kobe Bryant sedang menuju turnamen yang diikuti oleh Gianna di Mamba Sports Academy di Thousand Oaks pada pagi hari di tanggal 26 Januari.