Apa Kabar Elgin Baylor? Alasan Tak Ada Lagi Nomor 22 di LA Lakers

Kamis, 23 Juli 2020 22:19 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Getty images
Elgin Baylor adalah legenda hidup LA Lakers yang karier bermain 14 musimnya dihabiskan hanya untuk klub NBA itu. Seperti apa kabarnya sekarang? Copyright: © Getty images
Elgin Baylor adalah legenda hidup LA Lakers yang karier bermain 14 musimnya dihabiskan hanya untuk klub NBA itu. Seperti apa kabarnya sekarang?

INDOSPORT.COM – Elgin Baylor adalah legenda hidup LA Lakers yang karier bermain 14 musimnya dihabiskan hanya untuk klub NBA itu. Seperti apa kabarnya sekarang?

Elgin Baylor dilahirkan pada 16 September 1934 di Washington DC. Bakat basket Baylor sudah terlihat jelas sejak SMA, dengan menjadi pemain terbaik tingkat kota sebanyak 3 kali, saat membela Phelps Vocational High School.

Kegemilangannya membuatnya direkrut oleh College of Idaho. Sayangnya, baru satu musim berjalan pelatih tim basket dipecat dan beasiswa Baylor dicabut. Akibatnya, ia pun kemudian beralih ke Seattle University.

Baylor sempat di-draft oleh Minneapolis Lakers pada tahun 1956 tapi memilih bertahan di kampus. Keputusannya terbayar setelah pada 1958 ia membawa timnya ke Final Four NCAA untuk pertama kali, meski akhirnya gagal juara.

Ia pun kembali di-draft di pilihan pertama oleh Minneapolis Lakers pada tahun itu dan kali ini ia memutuskan menerimanya.

Bergabung dengan Lakers yang musim sebelumnya terpuruk dengan rekor 19-53 tidak menutupi bakat basket Elgin Baylor. Ia langsung menjadi Rookie of the Year dan membawa timnya yang sebelumnya finis terbawah, menjadi lolos ke final. Sayangnya, di partai puncak Lakers dikandaskan Celtics.

Sepanjang kariernya, Baylor dikenal sebagai pencetak poin yang mumpuni, namun juga andal melakukan rebound. Di musim pertamanya saja ia sudah menjadi peringkat kedua dalam hal poin (24,9 ppg) dan peringkat 3 rebound (15,0 rpg).

Pada musim 1961-1962 ia mencetak rekor sebagai pencetak skor terbanyak di laga final dengan 61 angka, di game kelima final NBA musim itu melawan Celtics. Hebatnya, rekor itu masih bertahan hingga saat ini.

Akibat cedera lutut yang berkepanjangan, Baylor memutuskan pensiun saat baru menjalani 9 pertandingan di musim 1971/1972. Menariknya, justru di musim itulah Minneapolis Lakers yang sudah berubah menjadi LA Lakers berhasil menjadi juara.

Padahal, sebelumnya Baylor sudah 8 kali membawa Lakers ke final dan selalu gagal juara. Meski demikian, manajemen Lakers tetap memberikan cincin juara kepada Baylor meski ia pensiun di awal musim.