Kompetisi IBL 2020 Tetap Bergulir dengan Mematuhi Protokol Covid-19

Kamis, 17 September 2020 16:36 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© IBL
Kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2020 tetap akan bergulir di Jakarta, dengan syarat harus mematuhi protokol kesehatan selama pandemi virus corona. Copyright: © IBL
Kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2020 tetap akan bergulir di Jakarta, dengan syarat harus mematuhi protokol kesehatan selama pandemi virus corona.

INDOSPORT.COM – Kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2020 tetap akan bergulir di Jakarta, dengan syarat harus mematuhi protokol kesehatan selama pandemic virus corona (COVID-19).

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah telah menandatangani nota kesepahaman dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Satuan Gugus Tugas Penanganan COVID-19, Kamis (16/9/20).

Nota kesepahaman penting untuk dilaksanakan sebagai bentuk kerjasama rencana pelaksanaan lanjutan kompetisi IBL Pertamax 2020 yang sesuai dengan protokol kesehatan.

“Nota kesepahaman atau perjanjian ini berarti IBL memperhatikan secara penuh protokol kesehatan saat pelaksanaan lanjutan kompetisi bulan Oktober nanti,” kata Junas.

Kelanjutan Kompetisi IBL Pertamax 2020 nanti juga diharapkan dapat menjadi media komunikasi kepada masyarakat tentang pentingnya meningkatkan disiplin terutama Gerakan 3 M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak).

“Dengan mendukung pemerintah dalam hal sosialisasi 3 M serta disiplin pada protokol kesehatan, kita bisa tetap aktif, produktif dan menekan resiko penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Sosialisasi protokol kesehatan sudah dilakukan gencar oleh IBL dan dipatuhi seluruh klub, sejak dari masa latihan hingga  nanti saat kompetisi bergulir.

“Kami sudah melakukan simulasi dengan menjalankan protokol kesehatan yang sudah direkomendasi oleh pihak-pihak terkait,” jelas Junas.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih menandatangani nota kesepahaman bersama Kepala BNPB dan Satgas Covid-19, Letjen Doni Monardo, sementara Junas selakuk Direktur Utama IBL melakukan penandatanganan dengan  Direktur Sistem Penanggulangan Bencana BNPB - Dr. Udrekh.

“Olahraga adalah salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan menggalakkan pola hidup sehat akan meningkatkan imunitas yang menjadi kunci sehat. Covid-19 tak boleh menghalangi, namun pedoman kesehatan harus dipatuhi. Kompetisi tanpa penonton dan seluruh yang terlibat harus melakukan PCR. Satgas siap memberikan dukungan,” kata Doni dalam sambutannya.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali juga menyambut baik dukungan dari BNPB dan Satgas Covid-19 serta tekad cabang sepakbola dan bola basket melanjutkan kompetisi.

“Saya gembira dengan komitmen sepakbola dan bola basket. Kompetisi adalah salah satu faktor penting dalam peningkatan prestasi. Terima kasih pula kepada BNPB yang memberikan dukungan penuh. Saya berpesan kepada cabang sepakbola dan bola basket untuk mematuhi pesan dari BNPB,” kata Zainudin.

Lanjutan Kompetisi IBL Pertamax 2020 akan digelar di Mahaka Square Arena Kelapa Gading, Jakarta Utara, 13-27 Oktober mendatang.