Komitmen NBA dalam Mendorong Pendidikan Bola Basket di Indonesia

Kamis, 8 Oktober 2020 12:51 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Jr. NBA
Acara Jr. NBA Coaches Academy di Surabaya pada Februari 2020. Copyright: © Jr. NBA
Acara Jr. NBA Coaches Academy di Surabaya pada Februari 2020.

INDOSPORT.COM – Pertandingan kini memasuki babak akhir, NBA Finals 2020, yang dimulai sejak Kamis (01/01/20), menampilkan juara Wilayah Timur Miami Heat dan juara Wilayah Barat Los Angeles Lakers.

Kehadiran LA Lakers di partai puncak tidaklah mengejutkan. Banyak yang telah menduga bahwa LA Lakers akan tampil di dua final dengan LeBron James memimpin tim melawan Miami Heat, di mana ia pertama kali mendapatkan cincin kejuaraan pertamanya.

Sejak trade Anthony Davis lebih dari setahun yang lalu, Lakers memang telah menjadi tim unggulan teratas di Wilayah Barat. Di sisi lain, Heat menjadi tim unggulan di urutan kelima di Wilayah Timur, dan dengan mengejutkan membuat penampilan NBA Finals pertama sejak 2014 silam.

Pada playoff yang digelar di Walt Disney World dekat Orlando, Lakers secara berturut-turut berhasil menyingkirkan Portland Trail Blazers, Houston Rockets, sebelum akhirnya mengalahkan Denver Nuggets di final wilayah.

Di sisi lain, Heat yang dipimpin oleh Jimmy Butler sukses mengalahkan Indiana Pacers 4-0 di babak pertama playoff, sebelum menundukkan Milwaukee Bucks di semifinal wilayah dan Boston Celtics di final wilayah.

NBA benar-benar telah kembali, setelah hiatus selama lebih kurang empat bulan akibat virus corona. Ya, pandemi tidak menghalangi liga tersebut untuk menghadirkan kembali sebuah pertandingan dan olahraga yang kita cintai.

Komitmen liga basket asal Amerika itu pun tidak berhenti hanya sampai di sana, NBA pun terus mendukung pendidikan bola basket di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya Akademi Pelatih Jr. NBA (Jr. NBA Coaches Academy) 2020 yang diadakan secara virtual pada 10-11 September lalu.

© Jr. NBA
Webinar Jr. NBA Coaches Academy pada 10-11 September 2020. Copyright: Jr. NBAWebinar Jr. NBA Coaches Academy pada 10-11 September 2020.

Acara Jr. NBA Coaches Academy tetap melanjutkan tujuannya, yakni untuk memberikan pengetahuan, pelatihan penguatan dan pengondisian tubuh serta pendidikan basket bagi guru-guru pendidikan jasmani.

Lebih dari 1.300 guru di Jakarta menerima berbagai keterampilan dan latihan yang diharapkan dapat mereka teruskan kepada siswanya, sehingga memungkinkan anak-anak untuk tetap aktif dan sehat, dan bahkan mengembangkan bakat mereka hingga suatu saat bisa mewujudkan impian tampil di NBA.

© Jr. NBA
Jr. NBA Coaches Academy yang diadakan secara virtual. Copyright: Jr. NBAJr. NBA Coaches Academy yang diadakan secara virtual.

Tak cuma itu, pada acara Jr. NBA Coaches Academy tersebut, NBA dan organisasi amal Tahir Foundation juga mengumumkan 13 pelatih dan guru yang memenangkan Jr. NBA Indonesia Coaches Academy Loyalty Contest 2020 di Indonesia. Masing-masing pemenang akan menerima beasiswa Jr. NBA Tahir Foundation untuk mendukung kebutuhan pendidikan dan/atau pembinaan.

Hingga saat ini, Jr. NBA Coaches Academy telah melatih lebih dari 52.000 guru dari 41.000 sekolah di 25 kota dan provinsi di seluruh Indonesia seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Selatan, dan Yogyakarta.

Para guru yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut dapat mengakses situs resmi Jr. NBA Asia (jrnbaasia.com) atau dengan mengunduh aplikasi Jr. NBA Coach di Apps Store dan Google Play Store. Ikuti juga Jr. NBA Asia pada Facebook (@JrNBAIndonesia) dan Instagram (@jrnbaasia).

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
67%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%